Duta GenRe Tingkat Desa Bakal Bantu Turunkan Stunting di Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Barat, Pintauli Romangasi Siregar meyakini, dengan dikukuhkannya Bunda GenRe kecamatan dan Duta GenRe hingga level desa di Kabupaten Sambas, dapat membawa Kalbar ke depan semakin baik.

“Kami (BKKBN) mengapresiasi Kabupaten Sambas atas pengukuhan Bunda GenRe Kecamatan dan Duta GenRe tingkat desa. Apa yang dilakukan ini merupakan bentuk komitmen luar biasa dan akan membawa Kalbar jadi lebih baik karena sudah dimulai dari GenRe,” ujar Pintauli, Jumat (01/03/2024).

Apabila penguatan program ini sudah dikuatkan dari awal, maka ke depan para remaja akan menjadi penerus bangsa. Dengan memahami pentingnya program ini sejak remaja, bisa menjadi bekal mereka untuk mentransferkan pengetahuannya kepada remaja lain.

Baca Juga :  Penanganan Stunting di Kalbar Terus Tunjukkan Kemajuan Positif, Harisson Minta Semua Pihak Jangan Kendor

Lebih dalam kata Pintauli, berdasar penelitian, para remaja lebih senang berkomunikasi sesama sebaya. Mereka malah agak sungkan jika bercerita hal pribadinya kepada orang tua.

“Tetapi jika dengan sesama remaja mereka terbuka,” ujarnya.

Harapannya, ketika sesama remaja melakukan diskusi, ada remaja-remaja yang siap memberikan jawaban tepat, sehingga remaja tidak salah dalam melangkah.

“Inilah maknanya dibentuk Duta GenRe  di seluruh Desa,” tuturnya.

Bupati Sambas lanjut dia, juga menyambut baik program pengukuhan Duta GenRe tingkat desa. Mudah-mudahan usai dari pengukuhan ada tindak lanjut dari Bupati Sambas untuk mewajibkan seluruh desa memiliki perwakilan Duta GenRe tingkat desa.

Agar program ini bisa semakin kuat memang diperlukan kolaborasi termasuk mendorong dari sisi aturan di Pemerintah Sambas. Sehingga seluruh camat dan kepala desa dapat melaksanakan program ini.

Baca Juga :  Bintulu Lirik Potensi Pontianak : Jajaki Peluang Investasi

Tujuan pengukuhan ini sebagai bentuk komitmen Pemda Sambas dalam upaya menurunkan angka stunting. Adanya pengukuhan pada Duta GenRe juga menjadi bentuk pemda memperhatikan para remajanya.

Dengan diberikan peluang para remaja menjalankan berbagai program di wilayahnya, diyakini ke depan para Duta GenRe tingkat desa ini akan mengeluarkan semua energi positif untuk kemajuan di desanya.

Pembentukan Duta GenRe di tingkat desa juga sudah dilakukan oleh beberapa daerah. Seperti Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Kapuas Hulu dan ini di Kabupaten Sambas. Gerakan ini terus didorong oleh BKKBN agar ke depan semua daerah di Kalbar bisa membentuk Duta GenRe hingga tingkat desa. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment