Kalbar Food Festival 2024 Dibuka dengan “Memangkong” Sotong

KalbarOnline, Pontianak – Kalimantan Barat Food Festival 2024 secara resmi dibuka oleh Penjabat Gubernur Provinsi Kalbar, Harisson dengan ditandai memangkong sotong bersama di halaman Parkir Mega Mall Pontianak, Sabtu (17/02/2024).

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak penyelenggara atas dedikasi serta konsistensinya dalam mempromosikan kuliner khas Kalbar melalui penyelenggaraan Kalbar Food Festival  setiap tahunnya,” ucap Harisson.

Dirinya yang turut didampingi oleh Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, Mohammad Bari kala menyampaikan, penyelenggaraan Kalbar Food Festival Tahun 2024 ini merupakan perhelatan untuk yang ke-5 kalinya, kegiatan ini juga masih merupakan satu rangkaian dari peringatan HUT ke-67 Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

“Sebenarnya yang harus kita perhatikan adalah UMKM. Jadi UMKM itu di setiap kesempatan kita harus dukung, motivasi, bangkitkan, supaya UMKM terus bisa tumbuh,” katanya.

Harisson menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan program dari pemerintah pusat bersama Pemerintah Provinsi Kalbar dalam rangka mempromosikan daerah.

“Jadi kalau wisatawan biasanya berkunjung ke suatu tempat itu di samping dia melihat keindahan alam, budaya, tetapi yang paling dicari itu sebenarnya kuliner, dan kita Kalimantan Barat ini banyak sekali kuliner yang bisa membanggakan dan bisa dicicip oleh semua orang dengan cita rasanya yang benar-benar ngangenin,” katanya.

Baca Juga :  Dukung Penuh Penyelenggaraan Porprov XIII, Kadisporapar Kalbar: Ajang Gali Potensi Atlet-atlet Terbaik

“Jadi kalau sudah sekali dia (wisatawan) mencicipi kuliner kita pasti ingin balik lagi ke Kalbar, untuk itu kita harus dorong terus dan kuliner ini terus kita bangkitkan dan kembangkan,” lanjut Harisson.

Dirinya berharap kekayaan kuliner yang dimiliki Kalbar patut untuk terus dipelihara, dilestarikan serta dipromosikan ke tingkat nasional bahkan internasional, salah satunya melalui festival kuliner seperti Kalbar Food Festival ini.

“Dengan adanya Festival Kuliner ini diharapkan menjadi wadah untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan peningkatan UMKM yang ada di Kalimantan Barat,” katanya.

Selanjutnya, Harisson pun mengajak seluruh masyarakat Kalbar, para pelaku usaha di sektor kuliner dan pelaku industri UMKM Pariwisata serta ekonomi kreatif lainnya untuk meramaikan dan menyukseskan Kalbar Food Festival ini.

“Begitu banyak rangkaian acara yang dapat dihadiri dan diikuti. Kita juga berharap bahwa Kalbar Food Festival ini bisa menjadi agenda rutin, sebagai upaya untuk mempromosikan sekaligus melestarikan kuliner khas Kalimantan Barat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari mengatakan, bahwa tujuan dari diselenggarakannya event ini adalah untuk memperkenalkan 17 subsektor ekonomi kreatif, yang diantaranya adalah kuliner.

“Kita mau kuliner-kuliner yang ada di Kalimantan Barat dikenal bukan hanya wisatawan yang ada di Kalimantan Barat tetapi juga wisatawan nusantara bahkan wisatawan mancanegara,” harap Windy.

Baca Juga :  Tarian Kolosal Puteri Junjung Buih dan Sajian Ketupat Colet di Event Napak Tilas Ketapang Catat Rekor MURI

Windy yang juga merupakan Ketua TP PKK Provinsi Kalbar itu mengharapkan, event ini dapat membantu para industri pariwisata, industri ekonomi kreatif dan UMKM, yang pada gilirannya akan meningkatkan perekonomian di Kalbar secara umum.

Windy menambahkan, bahwa hari puncak Kalbar Food Festival ini akan digelar pada tanggal 23 Februari 2024 mendatang.

“Jadi silahkan masyarakat Kalimantan Barat untuk datang ke sini, bukan hanya kuliner, tetapi subsektor lain juga ada dan tentunya dengan berbagai macam pertunjukan yang disajikan di sini,” katanya.

“Jadi pada tanggal 23 nanti kita ada hari puncak di Saprahan Khatulistiwa di PCC, kemudian sorenya di Kalbar Food Festival. Nanti ada lomba masak menu MPASI untuk ibu-ibu ketua TP PKK kabupaten/kota se-Kalimantan Barat kemudian lomba memasak olahan ikan,” jelasnnya lagi.

Sebagai informasi, kegiatan Kalbar Food Festival ini berlangsung mulai tanggal 17 Februari hingga 25 Februari 2024. Pada puncaknya tanggal 23 Februari, akan dilakukan Rekor MURI sotong pangkong yang diikuti lebih dari 500 orang.

Beragam acara menarik turut memeriahkan Kalbar Food Festival 2024, diantaranya pertunjukan seni budaya dan lomba-lomba kuliner. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment