Satlantas Polres Kapuas Hulu Gencar Sosialisasikan Larangan Penggunaan Knalpot Brong

KalbarOnline, Putussibau – Satlantas Polres Kapuas Hulu terus mengintensifkan sosialisasi larangan penggunaan knalpot tidak standar atau knalpot brong kepada masyarakat.

Selain menyasar para penjual dan bengkel yang menyediakan knalpot brong, juga dilakukan sosialisasi ke sekolah, kampus dan kantor pemerintah serta sosialisasi melalui radio.

Seperti yang dilakukan pada Jumat (12/01/2024), Kasat Lantas IPTU Usman Hasibuan bersama anggota Sat Lantas dan para Kanit Lantas Polres Kapuas Hulu menyambangi Radio Rasika FM di Jalan Antasari Putussibau, guna menyampaikan imbauan tertib berlalu lintas dan larangan penggunaan knalpot brong yang meresahkan masyarakat.

Baca Juga :  Police Go To School Satlantas Polres Kapuas Hulu Edukasi Pelajar SMPN 1 Mentebah

IPTU Usman mengatakan, melalui siaran radio ini diharapkan bisa mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tidak memasang knalpot brong pada kendaraan. Karena selain melanggar aturan lalu lintas, juga berpotensi menimbulkan gangguan ketertiban dan kenyamanan masyarakat.

“Harapan kami seluruh lapisan masyarakat bisa patuh dan taat terhadap aturan lalu lintas, khususnya terkait larangan penggunaan knalpot brong, kami dari satlantas telah memasang spanduk baliho di beberapa titik jalan seperti di bundaran tugu bambu kuning, di samping Kantor Basnaz Putussibau dan Pertigaan lintas selatan sebagai upaya menghimbau masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga :  Cegah Laka Lantas, Satlantas Polres Kapuas Hulu Lakukan Penambalan Jalan di Bundaran Tugu Pancasila

Penggunaan Knalpot brong atau Knalpot tidak standar, lanjutnya, bisa di tilang sesuai Pasal 285 ayat (1) Undang Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“(Dapat) dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu,” tegas IPTU Usman Hasibuan. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment