Polisi Bantu Evakuasi, Tiga Rumah Roboh Akibat Abrasi di Kubu Raya

KalbarOnline, Kubu Raya – Personel Bhabinkamtibmas Desa Kuala Dua jajaran Polres Kubu Raya membantu melakukan evakuasi barang-barang warga terdampak abrasi di tepian sungai Dusun Keramat 1, Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Jumat (12/01/2024).

Kapolres Kubu Raya AKBP Wahyu Jati Wibowo melalui Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya, Aiptu Ade menerangkan, bahwa abrasi yang terjadi itu disebabkan oleh tingginya curah hujan.

“Dari kejadian itu, sebanyak tiga buah rumah warga yang roboh. Ketiga rumah tersebut bermaterial kayu, dua rusak berat dan satu rusak ringan,” ungkapnya.

Musibah tersebut diketahui usai mendapatkan informasi dari Kapolsek Sungai Raya melalui Bhabinkamtibmas Kuala Dua, Aipda Sudarno yang berada di lokasi Dusun Keramat 1 Desa Kuala Dua.

Baca Juga :  Tak terima Ditegur, Ibu di Kubu Raya Aniaya Anak Tiri

Dari laporan Aipda Sudarno, adapun ketiga kepala rumah tangga tersebut yakni Edi Munandar, Hamdi dan Abdul. Ketiganya saat ini sudah dievakuasi ke rumah keluarganya.

“Evakuasi tersebut dibantu oleh Bhabinkamtibmas Kuala Dua bersama warga setempat. Tidak itu saja, setelah membantu melakukan evakuasi, kami melalui bhabinkamtibmas melakukan imbauan agar warga yang bertinggal di tepi sungai agar berhati-hati dan tetap waspada,” tutur Ade sembari menyampaikan bahwa untuk kerugian yang dialami para warga tersebut belum dapat ditaksir.

Diri menerangkan, melalui bhabinkamtibmas di desa-desa, Polres Kubu Raya selalu melakukan pemantauan debit air di masa curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Kubu Raya, hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman serta bentuk pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baca Juga :  Pemahaman KKOP, Angkasa Pura II Akan Berikan Edukasi Tingkat TK dan SD

“Melalui para bhabinkamtibmas jajaran, Polres Kubu Raya intens melakukan pengecekan debit air akibat pasang surut untuk mengantisipasi terjadinya banjir rob, angin puting beliung maupun tanah longsor di wilayah hukum Polres Kubu Raya,” katanya.

Terkait hal itu pula, Polres Kubu Raya pun telah mempersiapkan anggota yang siap 24 jam untuk mengantisipasi terjadinya bencana yang diakibatkan curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

“Kami dari Polres Kubu Raya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kubu Raya, khususnya di wilayah yang rawan terdampak banjir, agar selalu meningkatkan kewaspadaannya,” tegas Ade. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment