Kunjungi RSUD Abdul Aziz Singkawang, Harisson Ungkap Wacana Pembangunan RS Jadi 12 Lantai

KalbarOnline, Singkawang – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson bersama Pj Ketua TP PKK Kalbar, Windy Prihastari mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Aziz dalam rangka memantau pelayanan kesehatan, Minggu (31/12/2023) pagi.

Kunjungan tersebut untuk memastikan pelayanan di RS milik Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang itu berjalan dengan baik, meski dalam suasana libur akhir tahun.

Turut mendampingi Pj Gubernur dalam kesempatan itu, ada Pj Wali Kota Singkawang Sumastro dan pihak manajemen RSUD Abdul Aziz.

Pj Gubernur dan rombongan memulai kunjungan dengan menyambangi bangsal anak. Satu per satu pasien anak beserta orang tuanya ditemui, untuk diberikan motivasi agar lekas sembuh. Lalu anak-anak tersebut juga dihibur, dengan diberikan buah tangan berupa mainan, serta boneka.

“Jadi hari ini kita berkunjung ke (RS) Abdul Aziz, salah satu RS tipe B di Kalbar. Kalau dilihat ini memang RS tipe B, tapi fisiknya perlu ditingkatkan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Beras Premium di Sanggau Tembus Rp 17 Ribu per Kg, Harisson Minta Bulog Terus Banjiri Pasar

Peningkatan sarana, prasarana RS tersebut dinilainya cukup penting. Apalagi Kota Singkawang merupakan daerah kunjungan pariwisata favorit di Kalbar. Dalam momen tertentu menurutnya, banyak wisatawan mancanegara yang datang berkunjung. Ditambah lagi, kota berjuluk seribu kelenteng itu cukup dekat dengan wilayah perbatasan.

RSUD Abdul Aziz harus menjadi RS regional yang melayani warga di sekitarnya, mulai dari Kota Singkawang, Bengkayang, Sambas, hingga Mempawah.

“Kalau wisatawan datang, kemudian ada yang butuh pelayanan kesehatan, masuk (dirawat) ke sini, kan kondisinya kurang representatif, maka perlu peningkatan,” ujarnya.

Pemerintah provinsi (pemprov) kata dia, juga akan mendukung dengan melobi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar membantu pembangunan fisik, maupun peningkatan peralatan kesehatan sesuai dengan tipe RS tersebut. Hingga ke depan RSUD Abdul Aziz benar-benar bisa menjadi RS yang dapat dibanggakan.

Baca Juga :  Kembangkan Green Economy, Jokowi Tinjau Pusat Sumber Benih di Rumpin

“Kemenkes harus melihat ini sebagai potensi, sebagai kebutuhan RS di Singkawang, mendukung pengembangannya. Ini luasnya hanya 2,5 hektare, tapi bisa dibangun meninggi ke atas, bisa sampai 12 lantai. Kalau itu bisa, tentu akan membanggakan pemkot (Singkawang) dan pemprov,” pungkasnya.

Dari bangsal anak, Pj Gubernur dan rombongan kemudian memantau Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), serta Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3). RSUD Abdul Aziz menjadi lokasi terakhir kunjungan kerja (kunker) Pj Gubernur di Kota Singkawang. Sebelum melanjutkan agenda di Kabupaten Mempawah. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment