Bupati Martin Hadiri Acara Puncak Peringatan HKG PKK ke-51 Tingkat Kabupaten Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang, Martin Rantan menghadiri acara puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang ke-51 tingkat Kabupaten Ketapang tahun 2023, pada Selasa (05/12/2023).

Bupati menyampaikan, bahwa peringatan ini dapat dijadikan momentum bagi Tim Penggerak PKK untuk terus melakukan evaluasi dan menjadi motivasi untuk ikut serta berkontribusi dalam rangka meningkatkan keluarga yang sejahtera dan tangguh.

“Sesuai dengan temanya “Bergerak bersama menuju keluarga sejahtera dan tangguh mewujudkan Indonesia tumbuh”, hendaknya melekat di hati seluruh keluarga besar gerakan PKK, bahwa sesungguhnya dalam gerakan PKK terkandung nafas untuk berkontribusi masyarakat, kepada nusa, bangsa,” ujarnya.

Dirinya berharap, seluruh TP PKK dan kader dapat mengetahui, mau dan mampu menjadi garda terdepan untuk mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan hidup.

Baca Juga :  Pemkab Ketapang Pastikan Harga Sembako Stabil Jelang Idul Fitri

“Dalam melaksanakan program kegiatan, Tim Penggerak PKK juga berperan penting dalam menciptakan generasi emas di tahun 2045. Karakter generasi emas memiliki produktivitas tinggi dengan performa unggul dalam kemajuan perekonomian,” tuturnya.

Martin menekankan, bahwa generasi penerus harus memiliki wawasan kebangsaan yang kuat, mampu memahami dan menjaga empat pilar, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, serta sehat jiwa dan raga.

“Berbagai kondisi yang ada di Kabupaten Ketapang mengisyaratkan masih perlunya kerja keras dan kerja cerdas, untuk menciptakan generasi emas tahun 2045 yang memiliki karakter unggul, di mana saat ini masih tingginya stunting ditandai dengan adanya 27 Desa Locus Stunting di Kabupaten Ketapang,” sampainya.

Selanjutnya, Bupati Martin turut mengajak para pemangku kepentingan untuk berperan aktif, dari tingkat camat, lurah dan kepala desa beserta jajaran TP PKK bisa saling bahu membahu, bersinergi bersama lintas sektor dalam rangka menurunkan angka stunting secara maksimal di setiap jenjang.

Baca Juga :  Martin Ajak Masyarakat Ketapang Berperan Aktif Cegah Perpecahan Jelang Pilkada 2020

“Sebagai mitra kerja pemerintah, PKK diharapkan bisa terus berperan aktif bersama pemerintah dan menyelesaikan permasalahan tantangan yang semakin kompleks,” ujarnya.

“Bekerjasamalah dengan pemangku kepentingan di setiap jenjang wilayah, sehingga tercipta sinergi dan keselarasan antara program yang dicanangkan Tim Penggerak PKK dengan program pembangunan pemerintah,” imbau Martin.

Dalam Peringatan HKG PKK yang ke 51 ini juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Ketua Tim Penggerak PKK Ketapang, Elisabeth Betty dan Wakil Ketua TP PKK Ketapang, Ervani Masitha. Selain itu juga dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang berbagai macam lomba yang diikuti oleh seluruh PKK kecamatan di Kabupaten Ketapang. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment