Tingkatkan Peran Lintas Sektor Dalam Pembinaan Pelayanan Posyandu se-Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara – Pemkab Kayong Utara melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara melaksanakan rapat Penguatan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu pada Integrasi Layanan Primer di Tingkat Kabupaten Kayong Utara.

Rapat penguatan pokjanal ini bertujuan dalam rangka meningkatkan peran lintas sektor yang tertuang dalam SK Pokjanal Posyandu untuk memberikan pembinaan serta mendukung posyandu dalam integrasi layanan primer yaitu posyandu dengan layanan seluruh siklus hidup.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara, Erwin Sudrajat yang membuka secara resmi rapat tersebut menyampaikan, bahwa posyandu merupakan wahana pelayanan dari berbagai program maka penyelenggaraan. Posyandu perlu menyertakan aspek pemberdayaan masyarakat secara konsisten.

Untuk itu, kata Erwin, aspek pemberdayaan masyarakat menjadi tumpuan upaya meningkatkan posyandu yang dalam pelaksanaannya tetap memperoleh bantuan teknis dari pemerintah serta menjalin kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak.

Baca Juga :  Dorong ASN BerAkhlak dan Berkelas: Langkah Pemerintah Kayong Utara Menuju Indonesia Emas 2045

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memacu semangat para pemangku kepentingan dan lintas sektor terkait, bersama-sama untuk mewujudkan cita-cita mulia menuju Kabupaten Kayong Utara sehat,” kata Erwin.

Selain itu, dirinya juga mengingatkan pembinaan posyandu bukan hanya menjadi tanggung jawab sektor kesehatan semata, namun bersama lintas sektor termasuk Tim Penggerak PKK dan masyarakat dalam hal ini desa.

“Pembinaan ini menjadi tanggung jawab bersama bukan hanya di sektor kesehatan termasuk TP PKK dan masyarakat Desa sehingga dapat mengoptimalkan kelembagaan Pokjanal Posyandu,” jelas Erwin.

Rapat Pokjanal Posyandu ini turut dihadiri Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Kayong, Tengku Mardiana Romi, Plt Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Kayong Utara, Iwan Dwi Purnomo serta pemateri dari Dinas Kesehatan dan KB Provinsi Kalbar, Budi Hariansyah serta tamu undangan.

Baca Juga :  Pemkab Kayong Utara Gandeng Perusahaan Perbaiki Jalan Rusak

Plt Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Kayong Utara, Iwan Dwi Purnomo menyampaikan, melalui rapat ini semua pihak terkait diharapkan mampu memberikan inovasi sebagai upaya lebih untuk mengaktifkan posyandu.

“Upaya untuk lebih mengaktifkan posyandu perlu usaha bersama lintas sektor, karena tingkat kunjungan posyandu masih cukup rendah, diperlukan inovasi-inovasi untuk meningkatkan kunjungan posyandu,” ungkap Iwan. (Santo)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment