9 Cara Membahagiakan Diri Sendiri

Merasa bahagia bisa membantu kita lebih menikmati hidup ,meskipun kita kerap menghadapi banyak rintangan. Hidup merupakan perjalanan yang tidak dapat diprediksi. Setiap orang pasti mengalami akan menemui kesedihan, kekecewaan, frustrasi, dan perasaan negatif lainnya akibat peristiwa yang dialami dalam hidup.

Namun, penting untuk mengetahui cara untuk tetap bahagia setiap hari, meskipun kita sedang menghadapi kesulitan. Geng Sehat harus tahu cara menemukan kebahagiaan sendiri. Jika kita membuat kebahagiaan kita tergantung dengan orang lain, maka kita akan sering mengalami kekecewaan.

Maka itu, Geng Sehat harus bisa membahagiakan diri sendiri. Tidak sulit kok, berikut cara membahagiakan diri sendiri!

Baca juga: Begini Cara Agar Murah Senyum dan Jadi Orang Bahagia!

9 Cara Membahagiakan Diri Sendiri

Kamu bisa mengikuti cara mudah membahagiakan diri sendiri setiap hari:

1.Katakan Hal Baik Kepada Diri Sendiri

Kadang-kadang kita bisa berbicara dengan suara kecil di dalam kepala. Kamu bisa mengontrol suara tersebut, meskipun terkadang suara tersebut terkesan berbeda dengan diri Kamu.

Kamu merasa senang ketika orang lain mengutarakan hal positif tentang diri Kamu. Hal tersebut sama dengan ketika Kamu berbicara hal positif tentang diri sendiri. Kalau Kamu mengatakan kepada diri Kamu bahwa Kamu sedih, maka otak akan percaya dan Kamu pin benar-benar merasa sedih.

2. Pahami bahwa Hidup adalah Proses

Terkadang orang menaruh banyak tekanan pada diri sendiri dengan cara menetapkan tujuan atau impian hidup pada usia tertentu. Sebagai contoh, banyak yang berkata, “ Saya sudah harus bisa beli rumah di usia 27 tahun,” atau “Saya harus menikah di usia 25 tahun”.

Kalau gagal mencapainya, banyak yang mulai membenci diri atau merasa malu terhadap diri sendiri. Ini merupakan salah satu penyebab depresi. Maka itu, penting untuk menerima diri Kamu apa adanya dan terus bekerja mencapai tujuan. Jangan terlalu terpaku dengan waktu, karena hidup adalah proses.

Baca Juga :  Mitos, Makan Pisang untuk Ibu Hamil Bikin Melahirkan Caesar

3. Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Ini juga salah satu cara membahagiakan diri sendiri yang paling penting. Kebanyakan orang membuat kesalahan dengan cara membandingkan diri dengan orang lain, khususnya teman-teman seusia. Ketika mereka melihat orang lain menjalani hidup yang menurut mereka lebih baik dari kehidupan mereka saat ini, mereka mulai membenci diri sendiri.

Kamu perlu tahu bahwa setiap orang memiliki proses perjalanan hidup yang berbeda-beda. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain dan percayalah bahwa dengan bekerja keras, suatu saat Kamu akan mendapatkan apa yang diinginkan.

4. Selalu Memaafkan Diri Sendiri

Banyak orang yang menyalahkan diri sendiri dalam waktu yang lama ketika mereka melakukan kesalahan. Kalau Kamu terus menyalahkan diri sendiri, lama kelamaan Kamu akan membenci diri sendiri. Sulit untuk membahagiakan diri jika Kamu membenci diri sendiri.

Jika melakukan kesalahan, coba pahami secara menyeluruh. Jika Kamu memang salah, akui kesalahan tersebut, lalu tanyakan kepada diri sendiri, bagaimana agar Kamu bisa melakukannya lebih baik di kemudian hari.

Baca juga: Punya Tujuan Hidup Bikin Kamu Lebih Sehat dan Bahagia

5. Hindari Orang-orang yang Membuat Kamu Berpikir Negatif Terhadap Diri Sendiri

Dalam hidup, mungkin ada orang-orang di sekitar yang ingin membuat Kamu merasa negatif terhadap diri Kamu sendiri. Bisa saja orang-orang ini adalah orang yang Kamu sayangi dan hormati. Bisa saja orang-orang ini adalah keluarga, teman, atau bahkan pasangan Kamu. Orang-orang seperti ini merupakan orang toxic, dan Kamu sementara menjauh saja dari mereka. Jika Kamu terus menerus berada di sekitar Mereka, Kamu akan sulit untuk bahagia.

Baca Juga :  Ciri-ciri Teman Toxic yang Perlu Diwaspadai

6. Prioritaskan Kesehatan

Mengurangi konsumsi makanan tidak sehat dan lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah, olahraga rutin, dan minum vitamin tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, namun juga untuk kesehatan mental. Menjaga kesehatan juga termasuk salah satu bentuk mencintai diri sendiri. Jadi, menjaga kesehatan juga termasuk salah satu cara membahagiakan diri sendiri.

7. Keluarkan Uang untuk Diri Sendiri

Ini merupakan salah satu cara membahagiakan diri sendiri yang juga sangat penting. Terkadang Kamu perlu memanjakan diri sebagai salah satu cara untuk bahagia. Maka itu, tidak perlu ragu mengeluarkan uang untuk kebahagiaan Kamu sendiri. Tentunya gunakan uang dengan bijak, tidak dalam maksud foya-foya.

8. Luangkan Waktu untuk Bersenang-senang

Di kehidupan yang sibuk, Kamu tidak boleh lupa untuk bersenang-senang. Jangan hanya memikirkan pekerjaan terus menerus. Otak akan lelah jika Kamu melakukan aktivitas yang setiap hari tanpa menyisihkan waktu luang untuk bernapas.

9. Membantu Orang yang Membutuhkan

Membantu orang juga merupakan salah satu cara membahagiakan diri sendiri. Penting untuk menunjukkan rasa cinta dan peduli kepada orang-orang yang membutuhkan. Melakukan kebaikan seperti ini akan membantu Kamu merasa lebih baik dan puas dengan diri sendiri. (UH)

Baca juga: Menurut Studi, Perubahan Rutinitas Bisa Membuat Bahagia!

Sumber:

Lifehack. How To Make Yourself Happy Today And Every Day. September 2020.
Inc. Simple Ways to Make Yourself Happy Every Day.

Comment