RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Pontianak Layani KB MOW Gratis

KalbarOnline, Pontianak – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak kini mampu melayani KB Metode Operasi Wanita (MOW) dengan peralatan canggih laparoskopi.

Peralatan tersebut merupakan bantuan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik sub bidang KB.

Pelayanan KB MOW di RSUD SSMA tersebut berjalan lancar pada Selasa (26/9/2023). Keberadaan peralatan canggih itu menjadi komitmen mendorong peningkatan capaian KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Direktur RSUD SSMA Kota Pontianak, Eva Nurfarihah mengungkapkan, pihaknya berkomitmen terus mendukung suksesnya program kontrasepsi mantap, diantaranya dengan meningkatkan kolaborasi bersama berbagai pihak termasuk BKKBN Kalbar.

Hadirnya peralatan laparoskopi tersebut menurut  Eva Nurfarihah akan membantu jalannya pelayanan kontrasepsi terutama dalam mendukung komitmen untuk mensukseskan program KB.

“RSUD SSMA Kota Pontianak siap menjadi tempat pelayanan kontrasepsi MOW. Ini gratis untuk pasien termasuk perawatan sehari untuk mendukung kenyamanan dan pemeriksaan penunjang,” kata Eva Nurfarihah.

Seperti dalam momentum peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia 2023, RSUD SSMA Kota Pontianak telah melayani sebanyak tujuh akseptor kontrasepsi MOW. Hal ini menurutnya menjadi permulaan yang baik untuk mendukung suksesnya program kontrasepsi mantap.

Baca Juga :  Ambil Peran Lawan Covid-19, Rumah Jurnalis Pontianak Bagikan Sembako

Eva Nurfarihah mengungkapkan, RSUD SSMA Kota Pontianak juga berkomitmen terus akan mensosialisasikan penggunaan MKJP MOW kepada masyarakat luas. Lantaran penggunaan MKJP MOW menurutnya memiliki kelebihan terutama bagi masyarakat yang membutuhkan. Diantaranya bagi akseptor yang memiliki anak banyak, kehamilan beresiko dan telah menjalani operasi caesar beberapa kali sehingga ketika hamil akan membahayakan. Maka metode kontrasepsi MOW tersebut menjadi pilihan untuk digunakan.

“Pemahaman tentang kontrasepsi MOW di tengah masyarakat perlu ditingkatkan agar masyarakat lebih memahami pilihan kontrasepsi yang banyak,” kata Eva Nurfarihah.

“Kami akan terus mensosialisasikan penggunaan kontrasepsi MOW ini kepada masyarakat luas, RSUD SSMA Kota Pontianak berkomitmen memberikan pelayanan terbaik baik masyarakat,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalbar Pintauli Romangasi Siregar mengungkapkan, bantuan peralatan canggih bagi RSUD SSMA Kota Pontianak menjadi bagian untuk mendukung pelayanan KB MOW. Sehingga masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan KB MOW tersebut akan semakin mudah untuk dilayani di RSUD SSMA Kota Pontianak. Terlebih dengan peralatan laparaskopi tersebut pelayanan kepada akseptor menjadi semakin simpel dan mudah.

Baca Juga :  Harisson Dorong Stakeholder Bergerak Bersama, Jadi Orang Tua Asuh Bagi Anak Stunting

“Pelayanan kontrasepsi dengan menggunakan laparaskopi ini menjadi semakin simpel dan ringan lalu waktu yang dibutuhkan juga singkat serta akseptor bisa cepat pulih,” ucapnya.

Ia menjelaskan, KB MOW yang menjadi bagian dari MKJP merupakan kontrasepsi yang memiliki tingkat keberhasilan tinggi. Dirinya berharap dengan hadirnya peralatan laparaskopi di RSUD SSMA Kota Pontianak akan semakin mendorong peningkatan capaian KB MKJP.

“Satu pasien hanya membutuhkan lima hingga 10 menit untuk bisa dilayani dengan baik, harapan kita dengan peralatan ini pelayanan KB MOW di RSUD Kota Pontianak bisa dilayani dengan mudah,” ungkapnya.

Pintauli mengatakan BKKBN juga berkomitmen untuk terus berupaya mempersiapkan bantuan alat-alat serupa bagi rumah sakit lain di Provinsi Kalbar. Terutama dalam mendukung pelayanan KB MOW sehingga diharapkan berdampak pada peningkatan capaian MKJP.

“Kami BKKBN akan terus berupaya mempersiapkan alat-alat seperti ini untuk mendukung pelayanan KB MOW bagi rumah sakit lainnya di Kalbar,” kata Pintauli. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainna di Google News

Comment