Gubernur Kalbar Tinjau Posko Polri Presisi Peduli Stunting di RS Bhayangkara

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, Harisson meninjau posko Polri Presisi Peduli Stunting melalui penanganan permasalahan gizi terhadap ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak stunting di Gedung Medik Sentral Rumah Sakit Bhayangkara Pontianak, Jumat (02/08/2023).

Kegiatan Polri Presisi Peduli Stunting ini merupakan salah satu langkah oleh Polri dalam penanganan stunting dengan melakukan pemantauan gizi dan memberi edukasi terhadap ibu hamil serta ibu menyusui agar terhindar dari stunting.

Selain pemantauan, Polri Presisi Peduli Stunting juga memberikan edukasi kepada para ibu hamil terkait pola makan serta pola asuh anak.

Baca Juga :  Sutarmidji Ancam Bekukan Pemanfaatan Lahan yang Terbakar

“Yang harusnya anak tidak boleh makan ini tidak boleh makan itu, di sini edukasi yang dilakukan oleh Polri. Mengedukasi perilaku, perilaku ibu dan keluarga yang mulai dari sejak hamil sampai melahirkan,” ungkap Sutarmidji.

Orang nomor satu di Kalimantan Barat ini juga mengimbau kepada masyarakat sendiri untuk aktif dan peduli dalam memberikan gizi yang cukup, khususnya bagi ibu hamil apabila terpantau berat janinnya di bawah rata-rata.

“Ada yang hamil sudah beberapa bulan berat anaknya baru 1,7 Kg, ini kan perlu diberi asupan, jangan dibiarkan, sehingga nanti lahirnya itu minimal 2,5 Kg,” ungkapnya.

Baca Juga :  Peringati Hari Batik Nasional 2 Oktober, ASN Pemkot Kenakan Batik

Dirinya melanjutkan, perilaku dari orang tua dan keluarga juga harus diedukasi, dengan memberikan anak makanan dengan gizi yang cukup, serta rutin memeriksakan kesehatan dan perkembangan anak.

“Yang dilakukan sekarang untuk penanganan stunting ini bukan sasaran langsung ke kebutuhan mereka, tetapi perilaku dari orang tua yang anaknya stunting itu yang perlu diperbaiki. (Saya) mengajak mereka untuk lebih aktif dan lebih peduli terhadap tumbuh kembang anaknya,” kata Sutarmidji. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment