Apel Besar Hari Pramuka ke-62, Edi Kamtono Terima Penghargaan Lencana Darmabakti Pramuka

KalbarOnline, Pontianak – Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menerima tanda penghargaan Lencana Darmabakti dari Ketua Kwartir Nasional, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso.

Penyematan tanda dan penyerahan piagam penghargaan itu digelar pada Apel Besar Hari Pramuka ke-62 di depan Kantor Wali Kota Pontianak, Minggu (27/08/2023).

Edi menyampaikan ucapan terima kasih atas tanda penghargaan Lencana Darmabakti yang diberikan kepadanya selaku Kamabicab Kota Pontianak. Ia berharap, penghargaan ini menjadi penyemangat untuk berkomitmen dalam mengabdikan diri di bidang kepramukaan.

“Melalui penghargaan ini, semoga semakin banyak generasi muda terinspirasi untuk menjadi teladan dalam pengabdian kepada masyarakat dan mengimplementasikan nilai-nilai pramuka,” ujarnya.

Kamabicab Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyerahkan piagam penghargaan kepada anggota pramuka. (Foto: Indri)
Kamabicab Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyerahkan piagam penghargaan kepada anggota pramuka. (Foto: Indri)

Ia berpesan kepada adik-adik pramuka sebagai generasi muda untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, mencermati, memahami, mengamalkan dan mengimplementasikan Dasa Darma Pramuka yang menjadi pedoman seorang pramuka untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Insya Allah kalau ini bisa dilaksanakan seoptimal mungkin, maka generasi muda kita khususnya Kota Pontianak akan menjadi andalan kedepan untuk generasi yang kita harapkan,” kata Edi.

Baca Juga :  Pemkot Pontianak Berencana Bentuk BUMD Baru, Apa Saja?

Menurutnya, sosok seorang pramuka yang ideal adalah bagaimana individu itu menjalankan Dasa Darma Pramuka dalam kehidupannya sehari-hari. Sikap disiplin, jujur, peduli, bergotong royong dan cinta tanah air juga harus senantiasa tertanam dalam diri seorang pramuka. Semua itu bagian dari Dasa Darma Pramuka yang harus dilaksanakan seorang pramuka.

“Seorang pramuka ini juga pasti memiliki nilai-nilai kejujuran, integritas saling gotong royong, kearifan lokal yang diharapkan mampu membangun bangsa ini,” sebutnya.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Pontianak, Firdaus Zarin menuturkan, di Hari Pramuka ke-62 ini, pihaknya menekankan pada pendidikan karakter bagi pramuka. Terlebih di era perkembangan zaman yang kian pesat, menjadi tantangan bagi generasi muda untuk menyikapinya. Ia melihat minat para pelajar di Kota Pontianak untuk mengikuti kegiatan pramuka masih cukup tinggi.

Foto bersama usai Apel Besar Hari Pramuka ke-62. (Foto: Indri)
Foto bersama usai Apel Besar Hari Pramuka ke-62. (Foto: Indri)

“Saya lihat di gugus-gugus depan yang ada di kwartir enam kecamatan itu masih banyak juga adik-adik yang ikut pramuka. Paling tidak 4-5 jam itu fokus kegiatan pramuka sehingga mereka bisa belajar disiplin dan lainnya,” tuturnya.

Baca Juga :  Mesin ADM Mudahkan Warga Pontianak Cetak Dokumen Adminduk Mandiri

Selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Pontianak, Firdaus berkeinginan pramuka membumi di Kota Khatulistiwa ini. Apalagi di tingkat kwarcab, kegiatan kepramukaan harus lebih semarak termasuk berbagai perlombaan, mulai dari tingkat kota, provinsi, nasional bahkan internasional.

“Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Pontianak harus eksis dan berperan dalam setiap momen kepramukaan maupun kegiatan lainnya yang melibatkan pramuka,” katanya.

Antusias anak-anak mengikuti pramuka di Kota Pontianak cukup tinggi. Hal itu terlihat dari peserta Apel Besar Hari Pramuka ke-62 yang jumlahnya lebih dari 1.000 peserta dari berbagai gugus depan yang ada di Kota Pontianak. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment