Irjen Kementan Serahkan Ratusan Bibit Unggul dan Pupuk ke Petani Subah Kabupaten Sambas

KalbarOnline, Sambas – Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Jan S Maringka menyerahkan bantuan berupa ratusan bibit unggul kepada petani Desa Madak binaan GPIB Syaloom Sungai Kajang, Desa Sabung, Kecamatan Subah, Kabupaten Sambas, pada Rabu (23/08/2023).

Adapun bibit yang diserahkan tersebut yakni bibit buah alpukat dan durian sebanyak 75 pohon dan bibit kelapa sebanyak 500 pohon yang berasal dari Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) Provinsi Kalimantan Barat.

Baca Juga :  Wacana Duet Dengan Jokowi, Gerindra : Kita Usung Prabowo Jadi Capres Bukan Cawapres

Tak hanya bibit, Jan juga menyerahkan bantuan pupuk sebanyak 6 ton kepada para petani. Bantuan pupuk ini atas kerjasama Kementan RI dengan Pupuk Indonesia.

“Bibit dari BPSIP merupakan bibit-bibit unggulan yang tentunya diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Penyerahan bibit pohon kelapa kita juga ingin memulihkan kejayaan kelapa Nusantara terutama di wilayah-wilayah yang ada di perbatasan,” ungkap Jan.

Baca Juga :  Buka Rakorwas Ketahanan Pangan bersama Kementan RI, Sutarmidji: Sektor Perkebunan dan Pertanian Juga Perlu Jadi Perhatian

Dirinya menilai, bahwa Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas sebagai daerah perbatasan perlu mendapat perhatian sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan yang pada akhirnya terwujud kedaulatan pangan.

“Saya mengajak kepada petani-petani untuk terus meningkatkan produksi komoditas pertanian sehingga bisa memberikan kontribusi terhadap terwujudnya kedaulatan pangan di daerah perbatasan.” pungkasnya. (Jau/Rilis)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment