Polres Kapuas Hulu Gelar Bakti Sosial Panen Bersama Masyarakat

Dukung Ketahanan Pangan

KalbarOnline, Putussibau – Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78, Polres Kapuas Hulu mengadakan kegiatan bakti sosial yang berfokus pada mendukung ketahanan pangan nabati, Sabtu (22/06/2024).

Kegiatan ini mencakup peternakan ayam arab petelur dan kolam ikan gurame, yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan lokal serta mempererat hubungan antara kepolisian dan masyarakat.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan menjelaskan, bahwa kegiatan ini dipimpin oleh Kabag SDM Polres Kapuas Hulu, Kompol Widi Yanto. Acara ini juga dihadiri oleh Kasiwas Polres Kapuas Hulu, anggota SDM Polres Kapuas Hulu, anggota Humas Polres Kapuas Hulu, dan masyarakat setempat yang terlibat dalam pemeliharaan ayam arab petelur.

Dalam kunjungan ke tempat pemeliharaan ayam, Polres Kapuas Hulu memberikan tambahan bibit ayam sepasang serta pakan ayam untuk mendukung produktivitas peternak lokal.

Baca Juga :  Buka Musdat Dayak Suruk, Bupati: Adat Istiadat Peninggalan Leluhu Harus Terus Dilestarikan

Selain itu, para peserta kegiatan melakukan panen telur ayam Arab, yang dalam sekali panen dapat menghasilkan 40 hingga 50 butir telur. Aktivitas ini disambut antusias oleh masyarakat, yang berpartisipasi dalam memberi pakan dan merawat ayam di kandang.

Langkah tersebut tidak hanya membantu meningkatkan hasil panen, tetapi juga memberikan pengetahuan tambahan kepada masyarakat tentang manajemen peternakan yang efektif.

Kegiatan berlanjut dengan pengecekan kolam ikan gurame dan nila. Dalam kesempatan ini, Polres Kapuas Hulu memberikan bibit ikan nila sebanyak 500 ekor kepada peternak ikan setempat.

“Panen ikan juga dilakukan dengan menggunakan alat jala, menghasilkan sebanyak 10 ekor ikan dengan berat total 10 Kg. Ikan hasil panen ini memiliki nilai jual sebesar Rp 30.000 per kilogram, yang diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat,” katanya.

Baca Juga :  Ketapang Canangkan Pembangunan Food Estate Wujudkan Ketahanan Pangan

Melalui kegiatan bakti sosial ini, Polres Kapuas Hulu berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan ketahanan pangan lokal. Acara ini tidak hanya menjadi sarana untuk membantu masyarakat dalam bidang pertanian dan peternakan, tetapi juga memperkuat kerjasama dan sinergi antara kepolisian dan warga Kapuas Hulu.

“Semoga kegiatan serupa terus dapat dilaksanakan di masa mendatang untuk kesejahteraan bersama,” pungkasnya. (Haq)

Comment