Kalbar Raih Juara 1 Nasional Implementasi Program Satu Rekening Satu Pelajar

KalbarOnline, Cibubur – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat berhasil meraih penghargaan “Kejar Awards 2023” untuk kategori wilayah provinsi yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada puncak acara Hari Menabung Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur, Minggu (20/08/2023).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kepala OJK, Mahendra Siregar di depan ribuan Pramuka yang hadir dalam acara Raimuna Nasional XII dan diterima oleh Harry Ronaldi Mahaputrawan yang hadir mewakili Gubernur Kalimantan Barat bersama Kepala OJK Provinsi Kalimantan Barat, Maulana Yasin.

Kejar adalah singkatan dari Satu Rekening Satu Pelajar. Program Kejar sendiri merupakan salah satu strategi OJK dalam meningkatkan literasi keuangan di kalangan para siswa dan pelajar demi membentuk karakter anak Indonesia yang menanamkan budaya menabung sejak dini.

Kejar Awards yang telah berlangsung sejak tahun 2018 ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah, bank BUMN, bank daerah, sekolah atau satuan pendidikan yang berperan aktif dalam mendorong budaya menabung dalam rangka implementasi Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung.

Baca Juga :  Pemerintah Resmi Turunkan Tarif Swab PCR

Penilaian Kejar award pada tahun 2023 ini terdiri dari 34 provinsi dan 489 kabupaten/kota. Untuk kategori bank tercatat 4 bank BUMN, 26 Bank Swasta, 8 bank syariah serta 357 BPR. Sementara untuk kategori satuan pendidikan umum diikuti oleh 226.265 dan 66.816 satuan Pendidikan berbasis agama.

Adapun poin plus yang mendongkrak penilaian dari Provinsi Kalimantan Barat yang berhasil merebut juara 1 tersebut antara lain karena telah menganggarkan APBD khusus untuk percepatan program Kejar di Provinsi Kalimantan Barat.

“Kita juga telah melibatkan seluruh TPAKD di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Barat dalam menindaklanjuti program Kejar,” ungkap Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji di tempat berbeda.

Tak hanya itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat juga telah melakukan PBP (Pembiayaan Beasiswa Pendidikan) disalurkan melalui rekening pelajar kepada lebih dari 150.000 pelajar di seluruh SMA/SMK dan setingkat negeri dengan total penyaluran lebih dari Rp 120 miliar (tahun 2022 sebesar Rp 69 Miliar, naik 73 % yoy).

“Jadi saat ini, lebih dari 90 % pelajar dari SD/setingkat sampai SMA/setingkat telah memiliki rekening tabungan Sistem pendataan kepemilikan rekening lengkap (terdokumentasi dengan baik),” tambahnya.

Baca Juga :  Pakar Sebut Jokowi Harusnya Perintahkan Kapolri Bubarkan Massa Rizieq

Untuk diketahui, saat ini untuk wilayah Kalimantan Barat telah melaksanakan lebih dari 150 kegiatan sosialisasi Kejar kepada 15 pemerintah daerah, 36 K/L, dan 95 LJK.

“Sehingga tak dipungkiri, kesadaran para pelajar untuk menggunakan rekening sendiri tertanam sejak dini, atas kerjasama yang baik antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan stakeholder terkait. Semoga prestasi ini bisa kita pertahankan, dan terus konsisten mengajak anak-anak kita untuk menabung sejak dini,” harap Gubernur Sutarmidji.

Pada event ini, PT BPD Kalimantan Barat juga berhasil masuk sebagai nominasi terbaik kategori Implementasi Dalam Rangka Hari Indonesia Menabung Terbaik, dengan Juara 1 BNI, dan nominasi lainnya yakni Bank Mandiri. Ini sangat membanggakan, dimana PT BPD Kalimantan Barat merupakan satu-satunya BPD yang berhasil menjadi finalis dan bersama bank umum yang berskala nasional. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment