Gubernur Sutarmidji: Hadirkan Suasana Berbeda, Ngopi Sembari Menikmati Alam

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji bersama sang istri Lismaryani Sutarmidji yang juga merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat meresmikan Gazebo Kantor Gubernur, Jogging Track Hutan Pendopo Gubernur dan Coffee Shop Galeri Hasil Hutan by Aming Coffee, di halaman Galeri Hasil Hutan, Jalan Veteran Pontianak, Sabtu (19/08/2023).

Galeri Hasil Hutan ini nantinya akan menjadi daya tarik bagi Kalimantan Barat kedepannya. Agar lebih efektif, lokasi ini nantinya akan diperluas hingga ke arah gedung Korpri yang berada di dekatnya.

“Saya minta Kepala Dinas LHK Provinsi Kalbar agar diperluas sampai kawasan Gedung Korpri dan disesuaikan dengan bangunan ini, untuk dijadikan pusat ruang untuk menampilkan ragam hasil hutan bukan kayu khas Kalimantan Barat,” ungkap Sutarmidji saat menyampaikan pidatonya.

Selain sebagai tempat pemasaran hasil hutan bukan kayu, nantinya kawasan tersebut juga diharapkan sebagai tempat wisata edukasi, baik untuk anak-anak maupun wisatawan, baik dalam maupun luar Kalbar bahkan luar negeri.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji didampingi Ketua TP PKK Kalbar, Lismaryani, Forkopimda dan sejumlah kepala OPD menandatangani prasasti peresmian Gazebo Kantor Gubernur dan Jogging Track Hutan Pendopo Gubernur di Komplek Galeri Hasil Hutan. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Gubernur Kalbar, Sutarmidji didampingi Ketua TP PKK Kalbar, Lismaryani, Forkopimda dan sejumlah kepala OPD menandatangani prasasti peresmian Gazebo Kantor Gubernur dan Jogging Track Hutan Pendopo Gubernur di Komplek Galeri Hasil Hutan. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

“Ini tak lain, agar anak cucu kita mengenal jenis-jenis tanaman seperti kayu khas Kalbar misalnya kayu belian. Kemudian untuk keamanan disini benar-benar dijaga, dan pengaturan parkirnya harus lebih rapi dan tertata,” harap Sutarmidji.

Baca Juga :  Bangun Rumah Sakit: Upaya Pemkot Penuhi Layanan Kesehatan Masyarakat Pontianak Utara

Dirinya juga bersyukur, sebelum jabatannya berakhir, dapat mempersembahkan fasilitas-fasilitas yang bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat seperti halnya di ibukota-ibukota besar lainnya.

“Di sini orang-orang bisa memanfaatkan jogging track, dengan  suasananya masih alami, burung-burung masih banyak, dan mudah-mudahan bisa menjadi daya tarik wisata. Saya harapkan semua itu bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Kemudian dengan adanya Aming Coffee di kawasan tersebut, diharapkan juga memiliki daya tarik tersendiri, mengingat masyarakat Kalbar umumnya merupakan penikmat kopi.

“Keberadaan Aming Coffee di galeri hutan ini, agar suasana di sini hidup, dan kita juga akan memasarkan Kopi Liberika, dan Aming Coffee kita undang di sini supaya dapat membuat suasananya menyatu dengan alam, dan ini yang membuatnya berbeda dari yang lain, supaya orang-orang bisa menikmati hutan pendopo ini sambil ngopi,” ujar Sutarmidji.

Baca Juga :  Komitmen Ciptakan Politik Cerdas di Pilgub Kalbar, Karol: Jangan Tebar Isu SARA
Gubernur Kalbar Sutarmidji melakukan prosesi tepung tawar soft opening Aming Coffee yang berada di Komplek Galeri Hasil Hutan. (Foto: Jau/KalbarOnline.com)
Gubernur Kalbar Sutarmidji melakukan prosesi tepung tawar soft opening Aming Coffee yang berada di Komplek Galeri Hasil Hutan. (Foto: Jau/KalbarOnline.com)

“Statusnya menyewa, sama halnya dengan cafe maupun rumah makan di sekitar museum statusnya juga sewa, jadi siapa saja yang mau menyewa silahkan saja. Ini juga bermanfaat untuk menambah pendapatan daerah,” tambahnya.

Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan penandatangan prasasti oleh Gubernur Kalbar dan penyerahan sejumlah penghargaan, yang diantranya kepada Kepala Dinas Penanaman Modal PTSP dan Ketenagakerjaan Kabupaten Landak, Kepala Kepolisian Resort Kubu Raya, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalbar, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar.

Kemudian penghargaan juga diserahkan kepada Kepala BPSDM Provinsi Kalbar, kepada Eka Damayanti, Abusamah, Pramono, Mirna Andrianti, Murtianingrum, Nurul Azizah Nurhayati dan Komandan Paulina Maryanti.

Turut hadir pada acara peresmian tersebut, perwakilan Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat, pemilik Aming Coffee, Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, serta selaku penyelenggara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat, Adi Yani beserta jajarannya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment