Pemkab Ketapang Gelar Diklat Juru Parkir dan Kecakapan Awak Kapal

KalbarOnline, Ketapang – Mewakili Bupati Ketapang, Staf ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM, Absalon menghadiri Pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Juru Parkir dan Kecakapan Awak Kapal, di Aula Politeknik Ketapang, Rabu (09/08/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Mempawah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Ketapang.

Diklat DPM Juru Parkir ini dilaksanakan dari tanggal 09 sampai 11 Agustus 2023, dan Diklat DPM Awak Kapal dari tanggal 09 sampai 13 Agustus 2023 dengan peserta 200 orang.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terlibat yang telah menyelenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) ini. Diklat ini tentu akan sangat bermanfaat bagi SDM Perhubungan,” ujar Absalon membacakan sambutan Bupati Ketapang.

Baca Juga :  Dirjen Imigrasi Akan Siapkan 119 Visa dan Database WNA

Lebih lanjut ia berharap, kepada seluruh peserta diklat pemberdayaan masyarakat kementerian perhubungan badan pengembangan sumber daya manusia perhubungan, untuk dapat memanfaatkan kesempatan yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya.

“Sudah menjadi tugas kita bersama untuk membangun daerah kita. Oleh karena itu, marilah kita bekerja keras, belajar dengan giat dan meningkatkan kemampuan kita agar mampu berperan serta aktif dalam membangun Kabupaten Ketapang yang maju menuju masyarakat sejahtera,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BPPTD Mempawah, Arief Kurniawan mengatakan, bahwa Standar Kompetensi Diklat Pemberdayaan Masyarakat Juru Parkir adalah mampu mengetahui dan memahami peraturan tentang perparkiran, rambu marka, pengaturan parkir, dan pelayanan prima serta K3.

Baca Juga :  Abang Edi Suparman Jabat Sekretaris DPRD Kapuas Hulu

Sedangkan standar kompetensi Diklat kecakapan awak kapal adalah mampu mengetahui dan memahami aturan keselamatan awak kapal, pemeliharaan kapal, pencegahan pencemaran dari kapal dan tata cara berlayar di alur sungai dan danau.

“Dalam kesempatan ini diharapkan para peserta dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dalam masa pendidikan ini. Serap pengetahuan dan pengalaman yang diberikan oleh tenaga pengajar sehingga ketika selesai kegiatan ini, saudara mendapatkan hasil maksimal,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Anggota Komisi V DPR RI, Boyman Harun, Kepala BPPTD Mempawah Arif Kurniawan, Manager Politeknik Ketapang, Kepala KSOP Kelas IV Ketapang, Ali Efendi. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment