Wagub Kalbar Apresiasi Capaian Pemerintahan Hingga Lompatan Perekonomian di Kubu Raya

KalbarOnline, Kubu Raya – Berbagai capaian dan hasil telah ditorehkan oleh daerah hasil pemekaran, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Menginjak usianya yang ke 16 tahun, pelaksanaan pembangunan di KKR pun terus mengalami perkembangan dan kemajuan. Satu diantaranya adalah keberhasilan KKR dalam mewujudkan 52 desa mandiri dan menuntaskan desa sangat tertinggal di wilayahnya.

Tak hanya itu, dalam waktu yabg relatif singkat, KKR juga turut berkontribusi menurunkan angka stunting yang cukup signifikan, dari 23,60% pada tahun 2019 menjadi 6,80% pada tahun 2022.

“Ini merupakan capaian yang sangat baik. Berbagai prestasi atas inovasi telah pula ditorehkan oleh Kabupaten Kubu Raya di skala nasional maupun daerah, antara lain di bidang kesehatan, pelayanan publik, tata kelola pemerintah daerah, pengelolaan keuangan desa dan berbagai bidang strategis lainnya,” puji Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan.

Baca Juga :  Wagub Kalbar Buka Pesparawi ke-X Tingkat Provinsi Kalbar di Melawi

Hal itu disampaikan wagub saat menjadi inspektur upacara (irup) dalam acara Hari Ulang Tahun Kabupaten Kubu Raya (HUT KKR) ke-16, pada Senin (17/07/2023).

Sejalan dengan tema HUT, yakni “Transformasi Sistem Pemerintahan Modern dan Iklusif Mengejar Kubu Raya Bahagia”, Wagub Kalbar menyadari pentingnya revolusi 4.0 yang saat ini menuju era 5.0, di mana hal itu telah banyak mempengaruhi tata relasi organisasi kerja manusia di muka bumi.

“Oleh karena itu, saya meminta agar tata kelola manajemen pemerintahan melalui birokrasi yang ada harus mereposisi diri agar tidak menjadi usang dalam menjawab tuntutan publik yang semakin demanding,” pesannya.

“Strategi transformasi birokrasi menjadi lebih adaptif, agile dan fluid, menjadi suatu keniscayaan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi,” pungkas Wagub Norsan seraya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus bersinergi dalam membangun Kubu Raya yang lebih baik.

Baca Juga :  Pendapatan Pajak Daerah Kubu Raya Naik Signifikan

Usai memimpin upacara, Ria Norsan yang kala itu mengenakan baju teluk belanga bernuansa biru tua dan kain tenun berwarna perak, bersama Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bersuka cita dan menari “Tari Pesan Mendunia” di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya.

Berbagai kegiatan diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-16 KKR, diantaranya peresmian Pameran Inovasi UMKM, penampilan Tari Pesan Mendunia, serta Peluncuran Gerobak UMKM Mall Pelayanan Publik. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment