Wagub Kalbar Dorong Peningkatan Daya Saing Daerah di Peringatan Hari Jadi Kabupaten Mempawah ke-64

KalbarOnline, Mempawah – Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan menghadiri upacara dan ramah tamah dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Mempawah ke-64 tahun 2023 di Kantor Bupati Mempawah, Selasa (04/07/2023).

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengucapkan selamat Hari Jadi Kabupaten Mempawah yang ke-64, semoga Kabupaten Mempawah semakin maju terdepan, berdaya saing dan maju dengan ilmu,” ucapnya.

Ia menggambarkan, bahwa pengembangan wilayah, khususnya di Provinsi Kalimantan Barat, bertujuan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat yang dilakukan melalui suatu pembangunan yang berkelanjutan.

Selaras dengan pilihan tema pada Hari Jadi ke-64 Pemerintah Kabupaten Mempawah yakni “Melalui Hari Jadi Ke-64 Kabupaten Mempawah, Kita Wujudkan Kabupaten Mempawah Unggul dan Berdaya Saing”.

“Pesan saya kepada masyarakat Kabupaten Mempawah selalu kompak dalam segala hal dan jaga martabat kota Mempawah supaya Mempawah ini dikenal oleh masyarakat Kalbar bahkan masyarakat Indonesia,” harapnya.

Mantan Bupati Mempawah ini juga menyampaikan, bahwa berbagai pembangunan di Kabupaten Mempawah terus mengalami perkembangan dan kemajuan. Hal tersebut dapat dilihat dalam capaian kinerja indikator makro tahun 2022, yaitu angka pertumbuhan ekonomi sebesar 4,70%, angka kemiskinan 5,32%, angka pengangguran 7,48% serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang kembali mengalami peningkatan 66,94 point serta indeks gini rasio sebesar 0,302.

Baca Juga :  DPD NasDem Mempawah Masih Tunggu Rekomendasi DPP

Selain itu, pada tahun 2022, Kabupaten Mempawah telah sukses mewujudkan 42 desa mandiri, 13 desa maju, 3 desa berkembang, 2 desa tertinggal serta berhasil menuntaskan 0 desa sangat tertinggal.

“Saya ingin mengajak kita semua untuk fokus kepada daya saing daerah. Adapun tingkat daya saing (competitiveness) merupakan salah satu parameter dalam konsep pembangunan berkelanjutan,” ujar Norsan.

“Semakin tinggi tingkat daya saing suatu daerah, maka tingkat kesejahteraan masyarakatnya pun semakin tinggi pula,” timpalnya.

Adapun berbagai capaian makro yang telah diraih tersebut, menurut dia, tentunya tidak bisa lepas dari peran seluruh stakeholder, baik pemerintah daerah, TNI/Polri, berbagai komponen masyarakat, maupun pihak swasta yang telah bersama-sama bahu-membahu membangun Kabupaten Mempawah.

Keberhasilan tersebut, lanjutnya, juga ditopang oleh posisi strategis dan keberadaan Kabupaten Mempawah yang berada dalam wilayah pengembangan klaster I (Kota Pontianak-Kabupaten Mempawah-Kabupaten Kubu Raya) dengan berbagai sektor unggulan seperti jasa dan perdagangan, industri, pertanian, perkebunan yang pengaruhnya sangat dominan pada pembangunan daerah.

Sementara itu, Bupati Mempawah, Erlina mengucapkan selamat hari jadi yang ke -64 Kabupaten Mempawah dan terima kasih tiada terhingga kepada seluruh elemen dan jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, terlebih kepada seluruh elemen jajaran Pemerintah Kabupaten Mempawah atas segala bentuk dukungan kerja sama, kerja keras, sharing pengalaman dan wawasan selama ini.

Baca Juga :  Kembalikan Fungsi Masjid sebagai Pusat Peradaban, Ria Norsan: ‘Hidupkan’ dengan Pendidikan, Pengajian dan Berbagai Ibadah

“Tak terasa 64 tahun sudah usia Kabupaten Mempawah, hari ini kita merayakannya untuk mengingat perjalanan panjang keberadaan Pemerintahan Kabupaten Mempawah dengan segala dinamikanya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, legalitas formal Kabupaten Mempawah telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Mempawah Nomor 8 Tahun 2017 tentang Hari Jadi Kabupaten Mempawah, yang mengacu pada Undang-undang Nomor 27 Tahun 1959 tentang Penetapan Undang-Undang Darurat Nomor 3 Tahun 1953 tentang Perpanjangan Pembentukan Daerah Tingkat II di Kalimantan dan diundangkan pada tanggal 4 Juli Tahun 1959–yang merupakan landasan yuridis mensahkan perayaan Hari Jadi Kabupaten Mempawah ini dirayakan.

Sebagai informasi, dalam rangkaian upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Mempawah ke 64 Tahun 2023, Wagub Kalbar, Ria Norsan turut melaksanakan senam jepin bersama tamu undangan, pembagian bantuan sosial kepada masyarakat serta meninjau stand kuliner gratis yang disediakan di kawasan Kantor Bupati Mempawah. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment