Wagub Kalbar Lepas CJH Kloter 30 ke Embarkasi Batam

KalbarOnline, Pontianak – Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Ria Norsan melepas keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) Provinsi Kalbar kloter 30 penerbangan pertama menuju embarkasi Batam, di Hotel Orchardz Perdana Pontianak, Senin (19/06/2023).

CJH kloter 30 penerbangan pertama ini berjumlah 183 orang yang terdiri dari Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau dan Kabupaten Kayong Utara.

Wagub Kalbar dalam sambutannya mengingatkan kembali kepada CJH guna menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekkah. Sebab, pada tanggal 9 Dzulhijjah, seluruh CJH dari berbagai dunia akan melaksanakan wukuf di Arafah yang mana membutuhkan fisik dan kesehatan yang prima.

“Jaga kesehatan, karena kesehatan sangat penting. Kalau kita (CJH) tidak sehat, kita tidak bisa melaksanakan kegiatan ibadah dengan khusyu dan maksimal,” kata Ria Norsan.

Baca Juga :  Edi Kamtono Sampaikan Keberkahan di Bulan Ramadan

“(Nanti ada) tawaf keliling Ka’bah sebanyak 7 kali, terus kita akan lakukan Sa’i sepanjang 400 meter sebanyak tujuh kali, belum lagi kegiatan ibadah haji lainnya, dan saat ini cuaca di Arab Saudi berkisar 40 derajat celcius. Jaga kondisi tubuh dan jangan sampai dehidrasi,” pesannya menambahkan.

Wagub Kalbar, Ria Norsan melepas keberangkatan CJH Kalbar kloter 30 menuju embarkasi Batam. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Wagub Kalbar, Ria Norsan melepas keberangkatan CJH Kalbar kloter 30 menuju embarkasi Batam. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

Selain itu, dirinya berharap CJH Kalbar dapat meraih haji yang mabrur dan mabruroh, di mana Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah menjanjikan kepada umatnya apabila menjadi haji yang mabrur dan mabruroh mendapatkan surganya Allah.

“Seperti Hadits riwayat Bukhari, di mana dalam hadits itu ‘satu umrah sampai umrah yang lain adalah sebagai penghapus dosa antara keduanya dan tidak ada balasan bagi haji mabrur kecuali jannah (surga)’, semoga para jemaah menjadi haji mabrur, amin ya rabbal alamin,” ucapnya.

Baca Juga :  Penimbangan Balita Penting untuk Deteksi Stunting Sejak Dini

Sementara itu, CJH asal Kabupaten Sanggau Dassana Mat Said mengutarakan bahwa dirinya merasa sangat bersyukur bisa melaksanakan ibadah haji tahun ini. Dirinya telah sabar menunggu antrean selama belasan tahun untuk berangkat ke tanah suci.

Alhamdulillah saya bisa memenuhi panggilan Allah untuk melaksanakan ibadah haji, rasa syukur saya tak terhingga. Semoga kami bisa kembali ke tanah air nantinya dengan selamat dan sehat wal afiat,” ujarnya.

Dalam pelepasan tersebut, turut dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar dr. Harisso, Asisten I Setda Provinsi Kalbar, Linda Purnama, Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat Setda Provinsi Kalbar, Mulyadi. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment