Gubernur Sutarmidji Lepas Keberangkatan CJH Kalbar Kloter Pertama ke Embarkasi Batam: Jangan Aneh-aneh, Fokus Ibadah

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson melepas keberangkatan pertama Calon Jemaah Haji (CJH) menuju titik pemberangkatan (embarkasi) di Hang Nadim Batam, Provinsi Kepulauan Riau, pada Rabu (14/06/2023) pagi, di halaman depan lobi Hotel Orchard Pontianak.

Rencananya, CJH Provinsi Kalbar ini akan diberangkatkan dari embarkasi Batam menuju Jeddah Arab Saudi keesokan harinya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Kalbar kembali meminta kepada seluruh CJH untuk fokus pada tujuan awal, yakni beribadah. Dirinya tidak melarang jika jemaah ingin melakukan aktivitas lainnya seperti berbelanja dan seterusnya, namun sebaiknya hal itu dapat dilakukan setelah semua rangkaian ibadah haji selesai.

“Semuanya fokus pada ibadah, karena langsung ke Mekkah, petugas lebih mudah. Kalau dari Madinah nanti banyak jamaah yang sibuk belanja dulu. Nanti kalau mau belanja waktu pulang aja. Perbanyak ibadah di Masjidil Haram,” pesan Sutarmidji saat diwawancarai awak media.

Baca Juga :  Sutarmidji Minta BKPRMI Kalbar ‘Hidupkan’ Masjid-Masjid

Ia juga meminta kepada para jemaah untuk taat dan patuh pada aturan yang sudah ditetapkan oleh panitia pendamping haji, hal ini agar situasi kondusif dan tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat jumlah jamaah haji dari seluruh dunia yang cukup besar.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji melepas keberangkatan CJH Kalbar kloter pertama ke Embarkasi Batam, Rabu (14/06/2023) pagi, di halaman depan lobi Hotel Orchard Pontianak. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Gubernur Kalbar, Sutarmidji melepas keberangkatan CJH Kalbar kloter pertama ke embarkasi Batam, Rabu (14/06/2023) pagi, di halaman depan lobi Hotel Orchard Pontianak. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

“Harus banyak bersabar. Ikuti aturan panitia atau pembimbing. Jangan lakukan hal-hal aneh, jaga kesehatan. Jalin komunikasi yang baik satu dengan yang lainnya. Kemudian petugas haji juga harus cekatan,” pintanya.

Terkait suhu yang cukup panas di Arab Saudi saat ini, dirinya meminta jemaah Kalbar untuk menjaga kondisi tubuh serta mengatur waktu yang tepat dalam pelaksanaan ibadah.

Baca Juga :  Innalillahi, Ayah Wali Kota Pontianak Meninggal Dunia

“Saat ini memang panas, pandai-pandai atur waktu untuk ibadah ke Masjidil Haram. Jangan banyak ziarah ini itu, sebelum prosesi haji selesai. Walaupun sudah biasa pergi atau mendampingi umroh, ini momennya beda,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat, Muhajirin Yanis menyebutkan, bahwa jumlah keberangkatan calon jemaah haji tahun ini sebanyak 2.568 orang yang terdiri dari seluruh kabupaten kota yang ada kalbar.

“Jemaah paling tua berusia 97 tahun, dan yang paling muda 18 tahun, untuk yang menggunakan kursi roda 66 orang. Keberangkatan hari ini kloter (kelompok terbang) 25 sebanyak 2 flight (penerbangan). Total ada 8 kloter dengan embarkasi ke Batam”, terangnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment