Gelar Festival Kapuas Award, Upaya Pemprov Kalbar Tingkatkan Pariwisata dan Olahraga

LKalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji membuka Festival Kapuas Award 2023, di Kampung Wisata Caping, Gang H Salmah, Jalan Imam Bonjol, Kota Pontianak, Jumat (02/06/2023).

Berbagai macam perlombaan digelar pada Festival Kapuas Award ini. Mulai dari catur, bridge hingga kano.

Kegiatan yang merupakan rangkaian dari Kalbar Award 2023 ini pun digelar guna mendorong olahraga dan pariwisata yang ada di Kalbar, khususnya di Kota Pontianak.

“Kita ingin menyatukan olahraga dan pariwisata, terutama kerajinan-kerajinan di sini, yang biasa dikenal Kampung Caping, maka saya minta banyak inovasi yang dilakukan,” ujar Sutarmidji.

Baca Juga :  Merasa Terpanggil, Produser Film di Jakarta Siap Bantu Pendanaan Untuk Kancil BBK
Berbagai macam perlombaan digelar pada Festival Kapuas Award 2023. (Foto: Indri)
Berbagai macam perlombaan digelar pada Festival Kapuas Award 2023. (Foto: Indri)

Pelaksanaan kegiatan ini digelar di kawasan wisata bukan tanpa alasan, salah satu alasannya adalah agar dapat meningkatkan eksistensi di Kampung Caping tersebut.

Selain itu, menurut Sutarmidji, orang-orang yang datang ke tempat wisata ini bisa sekaligus menikmati keindahan Sungai Kapuas.

“Kawasan ini penataannya belum selesai. Kalau bisa sebelah kiri ini dibebaskan agar lebih luas, jadi aktivitas berbagai kerajinan dipusatkan di sini, sambil orang wisata di sini,” sebutnya.

Kadisporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastari foto bersama di sela-sela Festival Kapuas Award 2023, di Kampung Wisata Caping, Kota Pontianak, Jumat (02/06/2023). (Foto: Indri)
Kadisporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastari foto bersama di sela-sela Festival Kapuas Award 2023, di Kampung Wisata Caping, Kota Pontianak, Jumat (02/06/2023). (Foto: Indri)

Sementara itu, Kadisporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastari mengungkapkan, kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah provinsi kepada pegiat pariwisata, ekonomi kreatif, hingga atlet.

Baca Juga :  Kalah-kalah Bupati, Sejumlah Camat di Kubu Raya Payah Dihubungi

Tidak hanya itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa menumbuhkan minat olahraga di kalangan masyarakat.

Beberapa cabang olahraga diperlombakan untuk masyarakat umum dilakukan agar masyarakat bisa lebih gemar berolahraga dan dapat mencetak bibit atlet baru di Kalbar.

“Maka kemarin kita ada launching kegiatan Masyarakat Kalimantan Barat Bugar, dan tentunya kita ingin mencari bibit-bibit baru, atlet-atlet baru dalam keolahragaan, nanti setelah ini masih ada beberapa kegiatan kepemudaan, pariwisata dan ekonomi kreatif dalam rangkaian kegiatan Kalbar Awards 2023,” tukasnya. (Indri)

Comment