Rizky Pontiviana Jabat Ketua AIMI, Siap Kolaborasi Tangani Stunting di Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Pucuk pimpinan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Daerah Kalimantan Barat (Kalbar) secara resmi berganti, pada Minggu (21/05/2023). Peresmian itu ditandai dengan pelantikan Rizky Pontiviana Akbari sebagai ketua bersamaan dengan pengurus baru untuk periode 2023 – 2028 di Gedung Amphitheater, Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak.

“Jadi kami hari ini resmi dengan tatanan kepengurusan baru untuk periode lima tahun mendatang. Berharap, semua instansi terkait dapat bekerjasama dengan kami sebagai upaya penurunan angka stunting di Kalbar,” ungkap Rizky Pontiviana Akbari usai reski menjabat selaku Ketua AIMI Kalbar.

Menurut wanita yang akrab disapa Ponti itu, salah satu tugas besar yang harus dilakukan selama lima tahun ke depan adalah terus konsisten dalam menyebarkan informasi mengenai Air Susu Ibu (ASI) serta Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) ke seluruh kabupaten/kota yang ada di Kalbar.

Rizky Pontiviana Akbari memberikan kata sambutan usai pelantikan ketua dan pengurus AIMI Kalbar 2023 - 2028 di Gedung Amphitheater, Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Minggu (21/05/2023). (Foto: Jauhari)
Rizky Pontiviana Akbari memberikan kata sambutan usai pelantikan ketua dan pengurus AIMI Kalbar 2023 – 2028 di Gedung Amphitheater, Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Minggu (21/05/2023). (Foto: Jauhari)

“Memang bukan hal yang mudah tentunya, mencari teman-teman satu visi dan satu misi, yang mau merelakan waktunya, karena kami sadar kami hanyalah relawan tanpa ada imbalan dalam menjalankan organisasi ini, tapi dengan semangat dan tekad. Alhamdulillah semua dapat kami kerjakan,” ungkap ibu satu anak itu.

Baca Juga :  Tingkatkan Kapasitas Inovator Lewat Pontianak Innovators Academy

Dirinya juga berharap, sinergi antara AIMI Kalbar dan FK Untan tidak hanya dalam kegiatan tertentu saja. Apalagi keduanya telah sukses meluncurkan program aplikasi HAI AIMI beberapa waktu lalu.

“Kami berharap, kerjasama kami ini dapat berkesinambungan. Apalagi FK Untan merupakan salah satu instansi yang mencetak tenaga kesehatan yang tentunya harus peduli dengan masalah-masalahan khususnya masalah kesehatan ibu dan anak,” paparnya.

Rizky Pontiviana Akbari foto bersama usai pelantikan ketua dan pengurus AIMI Kalbar 2023 - 2028 di Gedung Amphitheater, Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Minggu (21/05/2023). (Foto: Jauhari)
Rizky Pontiviana Akbari foto bersama usai pelantikan ketua dan pengurus AIMI Kalbar 2023 – 2028 di Gedung Amphitheater, Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Minggu (21/05/2023). (Foto: Jauhari)

Sementara itu, Plt Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran Untan, Ery Hermawati menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari kerjasama Fakultas Kedokteran dan AIMI Kalbar. Yakni dalam rangka menyemarakkan Dies Natalis ke -64 Untan.

Baca Juga :  Meski Kalah di 3 Wilayah Calon Provinsi Baru, Sutarmidji Akan Tetap Berupaya Mekarkan Kapuas Raya

Ery menyampaikan, ADA tiga kegiatan serentak yang dilaksanakan hari ini, yakni seminar dan talkshow serta pelantikan AIMI periode 2023 – 2028 yang bertemakan ASI dan MPASI benar, tumbuh kembang cetar di Ruang Amphitheater. Kemudian, pemeriksaan kesehatan umum seperti tensi, gula darah, kolesterol dan asam urat, pemeriksaan kesehatan anak, pemberian makan tambahan pada balita.

“Dan ada konseling menyusui di lantai dua serta bazar UMKM dan mahasiswa,” ujarnya. (Jau)

Comment