Wagub Kalbar Minta ASN Selalu Berinovasi dan Manfaatkan Teknologi dalam Melayani Masyarakat

KalbarOnline, Pontianak – Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan mengingatkan agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar untuk melakukan berbagai inovasi dan memanfaatkan teknologi dalam melayani masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wagub Norsan pada acara pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan IV dan Angkatan V Provinsi Kalbar Tahun 2023 di Aula Bhinneka Tunggal Ika, Kantor BPSDM Provinsi Kalbar, Kamis (04/05/2023).

“Saya berharap adanya inovasi dan menemukan satu permasalahan yang baru guna membiasakan perubahan dan memperbaharui kebiasaan dalam melaksanakan pelayanan publik kepada masyarakat. Diperlukan inovasi dan penggunaan IT atau teknologi dalam mengelola dan menyelenggarakan urusan pemerintahan yang diamanahkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Wagub Norsan menerangkan, tugas-tugas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat dikatakan berhasil apabila masyarakat sebagai konsumen tidak memberikan respon negatif, dan merasa puas dengan kinerja pelayanan serta adanya survey kepuasaan masyarakat terhadap ASN yang diberikan kepadanya.

Baca Juga :  Pencetus Pembangunan Patung Kuntilanak Pastikan Maju Melalui Jalur Perseorangan

“Oleh sebab itu, para pejabat struktural harus mampu merubah model kerja yang biasa-biasa atau yang normal-normal untuk diganti dengan model kerja dengan motivasi yang tinggi dan menyesuaikan dengan perubahan lingkungan yang semakin cepat dan dinamis, sehingga target-target yang telah ditetapkan dapat terealisasikan,” ujarnya.

Dirinya berharap, dengan pelatihan kepemimpinan ini dapat diwujudkan oleh para peserta guna beradaptasi dan responsif dalam mengelola perubahan lingkungan.

“Kepada para peserta ini saya berharap harus mampu bekerja untuk memberikan perubahan bagi peningkatan kinerja pelayanan publik dan mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang semakin cepat,” katanya.

Baca Juga :  Inisiasi Gerakan Aksi Bergizi, Dinkes Pontianak Kenalkan Pola Makan Sehat Sejak Dini

“Dan kepada Widyaiswara dapat secara maksimal membagi ilmu dan pengalaman yang dimiliki kepada para peserta pelatihan, berikan bimbingan dan motivasi kepada peserta agar mampu menyelesaikan pelatihan dengan baik serta dapat menciptakan inovasi yang dibutuhkan oleh unit kerjanya guna meningkatkan pelayanan,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Wagub Kalbar, Ria Norsan turut meresmikan Studio Podcast BPSDM, di mana siniar tersebut sebagai sarana informasi kepada masyarakat melalui media sosial. Kegiatan tersebut turut dihadiri para kepala perangkat daerah di lingkungan Pemprov Kalbar. (Jau)

Comment