Open House Idul Fitri Terakhir Sebagai Gubernur Kalbar, Sutarmidji Sambut Berbagai Lapisan Masyarakat di Pendopo

KalbarOnline, Pontianak – Setelah beberapa tahun dilanda pandemi Covid-19, Gubernur Kalbar, Sutarmidji kembali menggelar open house perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah di Pendopo Gubernur Kalbar, Jalan A Yani Pontianak, Sabtu (22/04/2023).

Berbagai kalangan dari berbagai lapisan masyarakat tampak hadir dan disambut hangat oleh Sutarmidji dan keluarga. Silaturahmi berlangsung tanpa sekat dan perbedaan.

Selain bersilaturahmi dan bercengkrama, para tamu yang hadir juga disuguhkan dengan beragam makanan dan penganan khas lebaran dan daerah. Sebagian besar masyarakat yang hadir juga tak menyia-nyiakan kesempatan untuk berfoto bersama dengan orang nomor satu Kalbar itu.

“Open house ini masyarakat mau silaturahim, (apalagi) di tahun terakhir bertugas sebagai Gubernur Kalbar periode 2028 – 2023,” ucap Sutarmidji.

Sutarmidji pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kalbar yang  telah hadir dalam open house yang digelarnya. Mengingat Idul Fitri 1444 Hijriah ini merupakan tahun terakhir dirinya menjabat selaku Gubernur Kalbar bersama wakilnya, Ria Norsan. Masa kepemimpinan keduanya akan segera berakhir pada tanggal 5 September 2023.

“Kami mohon maaf jika ada pelayanan yang belum memuaskan, tetapi kami telah berbuat maksimal untuk Kalbar, luas Kalbar yang lebih luas dari Pulau Jawa, selain anugerah juga perlu sumber daya yang cukup untuk membangunnya. Mohon maaf lahir batin, Terima kasih,” ucap Sutarmidji.

Baca Juga :  POM Kalbar Gelar Aksi Damai di Bundaran Digulis, Agus: Ini Sudah Talak Dua, Jangan Sampai Ada Ketiga

Dalam kesempatan itu, hadir pula tokoh lintas agama dan etnis yang menghidupkan suasana persaudaraan. Salah satu yang hadir dalam open house adalah Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus Pr bersama para pastor dan suster (biarawan Katolik).

Gubernur Kalbar, Sutarmidji berfoto bersama jajaran Forkopimda dan tokoh masyarakat. (Foto: Jauhari)
Gubernur Kalbar, Sutarmidji berfoto bersama jajaran Forkopimda dan tokoh masyarakat. (Foto: Jauhari)

Mgr Agustinus Agus dalam kesempatan itu mengucapkan selamat Idul Fitri bagi seluruh umat muslim. Ia menyebut, kalau kunjungannya itu merupakan kunjungan kepada saudara.

“Ketika saudara bergembira, kita hadir. Ketika saudara kita susah, kita hadir. Ini bentuk solidaritas sebagai anak bangsa,” ujar Mgr Agustinus Agus.

Tokoh lain yang juga hadir diantaranya Anggota Komisi II DPR RI, Cornelis beserta istri. Kedatangan Cornelis ini disambut hangat oleh Gubernur Sutarmidji dan Sekda Kalbar, Harisson beserta jajaran Pemprov Kalbar.

Cornelis tampak mengenakan setelan jas, sementara Sutarmidji mengenakan pakaian batik. Mereka tampak ditemani Sekda Kalbar dan Wali Kota Pontianak bersama istri masing-masing. Mereka tampak lebur dalam perbincangan hangat di atas meja makan. Tak jarang gelak tawa menghiasi obrolan mereka.

Baca Juga :  Jelang Operasi Ketupat Kapuas 2018, Polres Kapuas Hulu Gelar Rakor Lintas Sektoral
Gubernur Kalbar, Sutarmidji dan istri berfoto bersama Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan dan istri dalam momen open house Gubernur Kalbar di Pendopo (Foto: Jauhari)
Gubernur Kalbar, Sutarmidji dan istri berfoto bersama Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan dan istri dalam momen open house Gubernur Kalbar di Pendopo (Foto: FB Bang Midji)

Kedua tokoh ini seakan jadi contoh yang baik bagi masyarakat Kalbar, meski pernah berkompetisi dalam perhelatan politik, namun silaturahmi tetap jadi hal yang utama.

Selain Cornelis hadir juga Anggota Komisi V DPR RI, Syarif Abdullah Alkadrie, jajaran Forkopimda Provinsi Kalbar, para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Sekretaris DPP POM Kalbar, Kusmayadi dan keluarga foto bersama Gubernur Sutarmidji di momen open house yang digelar Gubernur Kalbar di Pendopo Gubernur
Sekretaris DPP POM Kalbar, Kusmayadi dan keluarga foto bersama Gubernur Sutarmidji di momen open house yang digelar Gubernur Kalbar di Pendopo Gubernur (Foto: Jau/KalbarOnline.com)

Kusmayadi, salah seorang masyarakat Kota Pontianak yang hadir dalam open house Gubernur Kalbar mengungkapkan rasa senangnya sekaligus bangga.

“Sebagai warga masyarakat Kalbar khususnya yang berada di Pontianak, tentu kita menyambut positif dengan langkah Pak Gubernur yang menggelar open house di Pendopo Gubernur. Alhamdulillah hampir 5 tahun beliau menjabat, ini kali kedua beliau menggelar open house lebaran dan ini tahun terakhir beliau di periode ini,” kata Kusmayadi.

Kusmayadi yang merupakan Sekretaris DPP Persatuan Orang Melayu (POM) Kalbar menyebut bahwa momentum tersebut sangat penting.

“Karena masyarakat tentu sangat menginginkan untuk bersilaturahmi dengan pemimpinnya. Terlebih lagi ini momen lebaran,” pungkasnya. (Jau)

Comment