Bank Kalbar Raih Bintang 5 di Ajang Top BUMN Award

KalbarOnline, Jakarta – Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalbar atau Bank Kalbar meraih penghargaan Bintang 5 dalam ajang Top BUMD Award 2023 yang digelar di Dian Ballroom lantai 2, Hotel Raffless, Kuningan Jakarta, Rabu (05/04/2023).

Top BUMD Awards adalah satu-satunya kegiatan corporate rating (penilaian kinerja BUMD) yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia. Top BUMD Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik di Indonesia, atas achievement (prestasi), improvement (perbaikan) dan contribution (kontribusi) BUMD yang telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan dan kontribusinya terhadap perekonomian daerah.

Top BUMD Awards 2023 diselenggarakan oleh Majalah Top Business yang diterbitkan oleh PT Madani Solusi Internasional bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan beberapa lembaga, asosiasi dan konsultan bisnis, seperti Lembaga Kajian Nawacita (LKN), SGL Management, PPM Manajemen, Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting, Melani K Harriman & Associate, Solusi Kinerja Bisnis serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada Universitas Padjadjaran Bandung.

Top BUMD Awards bertema “Inovasi Dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD” tersebut melibatkan sebanyak 10 dewan juri yang terdiri dari profesor, beberapa doktor, serta para praktisi dan konsultan bisnis.

Tak hanya penghargaan Bintang 5, Top Pembina BUMD 2023 juga memberikan penghargaan kepada Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji dan Top CEO BUMD 2023 kepada Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi.

Sebagaimana diketahui, bahwa pertumbuhan kinerja Bank Kalbar dari tahun ke tahun secara sustainable serta berbagai inovasi dan kolaborasi dengan seluruh pemerintah daerah di Kalbar, dilakukan dalam rangka mendukung pertumbuhan perekonomian di Kalbar. Kontribusi ini membuat peringkat penghargaan merangkak naik dari Top BUMD Award BPD Bintang 4 di tahun sebelumnya menjadi Top BUMD Award 2023 BPD Bintang 5 di tahun 2023.

Rokidi di sela-sela acara mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan yang diterimanya sebagai Top CEO BUMD 2023. Ia juga menuturkan rasa banggamya atas kinerja jajaran Bank Kalbar sehingga berhasil meraih penghargaan pada Top BUMD Award 2023 ini.

“Selalu kita tanamkan kepada seluruh jajaran manajemen dan karyawan untuk bekerja keras tanpa disuruh, disiplin tanpa diawasi, dan bekerja secara jujur. Harapannya, bisa semakin baik ke depan, namun tentu harus diimbangi dengan semangat kerja,” jelasnya.

Baca Juga :  DPR Minta TPN OPM Mau Berdialog daripada Gunakan Kekerasan

Didi Haryono selaku Komisaris Utama Bank Kalbar turut merasa haru dan bangga atas capaian kinerja yang ditorehkan Bank Kalbar, sehingga pada akhirnya, sorotan mata pihak independen terfokus pada bank milik Pemerintah Daerah Kalimantan Barat ini yang dianggap pantas untuk diberikan penghargaan sebagai Top BUMD Award 2023 BPD Bintang 5 pada tahun 2023 ini.

Beliau berkelakar, kalau di jajaran kepolisian (tempat beliau berdinas sebelumnya), bintang 5 ini merupakan pangkat tertinggi yaitu jenderal.

“Dan dengan kinerja yang luar biasa, sudah sepantasnya dinobatkan sebagai ‘Bank Kalbar Sang Jendral’,” ucapnya sambil tersenyum.

Ucapan selamat juga disampaikan kepada Gubernur Kalbar, Sutarmidji yang dinobatkan sebagai Top Pembina BUMD 2023, yang penerimaan awardnya diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Kalbar, Ignasius.

Ignasius, mewakili Gubernur Kalbar mengatakan, bahwa penghargaan Top BUMD Awards 2023 tersebut diberikan kepada BUMD atau badan usaha milik daerah unggulan yang ada di seluruh tanah air.

“Kegiatan tahunan yang diselenggarakan Majalah Top Business ini pada tahun 2023 diikuti oleh 1.150 BUMD di seluruh Indonesia,” katanya.

Beliau mengakui, bahwa untuk mendapat penghargaan di ajang ini bukanlah merupakan suatu hal yang mudah, penuh perjuangan.

“Apalagi penghargaan ini tingkat nasional, yang sudah barang tentu saingannya dari BUMD terbaik dari berbagai daerah di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Ignasius mengungkapkan, bahwa penilaian ini meliputi mulai dari segi pencapaian kinerja bisnisnya, baik dan berkelanjutan. Selain itu, terkait pula pada perbaikan (improvement/inovasi), berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, dan memiliki strategi/inovasi untuk mendukung bisnis di masa pandemi atau kenormalan baru.

Menurut Ignasius bahwa terdapat perubahan yang luar biasa semenjak kepemimpinan Rokidi sebagai Direktur Utama, yaitu mulai dari Inovasi Digital Banking hingga kebijakan-kebijakan di sisi internal yang memacu peningkatan kinerja.

“Perubahan ini terbukti memberikan banyak perubahan. Mulai dari peningkatan laba dan meminimalisir kredit bermasalah. Dan pada akhirnya juga berdampak pada peningkatan dividen (bagi hasil keuntungan) kepada pemerintah daerah serta kesejahteraan pegawai,” tuturnya.

Baca Juga :  Resmikan Kantor Bank Kalbar Cabang Pembantu Kembayan, Ini Pesan Bupati

Meski demikian, kata Ignasius, orientasi sosial juga tidak ditinggalkan. Bank Kalbar tidak hanya mengutamakan keuntungan semata, namun juga mengedepankan kepedulian sosial. Bank Kalbar memiliki banyak program CSR kepada pemerintah daerah, antara lain bantuan kendaraan ambulance, truk sampah, pemadam kebakaran, tanggap darurat bencana berbentuk bantuan sembako dan lainnya.

“Kinerja Bank Kalbar yang dikenal (dengan tagline) sebagai ‘Bank Kite Punye Kite’ sangat bagus ya. Memang kita dorong untuk terus meningkatkan kinerja dengan selalu berupaya memberikan suntikan modal agar Bank Kalbar lebih leluasa berinovasi dan meningkatkan kinerjanya,” kata Ignasius.

“Ini terbukti, dividen kita semakin meninggi setiap tahunnya dan kesejahteraan meningkat,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Ignasius turut menyampaikan pesan Gubernur Kalbar, agar jajaran manajemen serta seluruh pegawai Bank Kalbar tidak cepat berpuas diri atas prestasi yang diraih. Melainkan terus lakukan Inovasi dan berikan layanan terbaik kepada seluruh masyarakat Kalimantan Barat.

Sejalan dengan itu, Gubernur Sutarmidji juga berharap penghargaan ini menjadi trigger semangat untuk lebih baik lagi. Bukan hanya urusan bisnis, tetapi juga urusan sosialnya.

Sementara itu, pada hari yang sama, bertempat di Lantai 2 Hotel Amos Cozy, Bank Kalbar juga menerima penghargaan dari Economic Review dalam ajang Indonesia Corporate Secretary & Communication Award VIII 2023 sebagai 3 rd The Corporate Secretary & Communication Award 2023 – Gold Award – Kategori Regional Development Bank – Asset Rp 20 T – Rp 28 T.

Selain itu, Bank Kalbar yang diwakili oleh Rizki Hadi selaku Pemimpin Bank Kalbar Kantor Cabang Jakarta juga menerima penghargaan dari Indonesia Corporate Secretary & Communication Award VIII 2023 yang bertemakan “Synergy & Collaboration of Communication & Corporate Secretary In The Digital era and Contribute to National Economic Recovery 2023-2024”. (Jau)

Comment