Serahkan Bantuan ke Korban Banjir Sambas, Wagub Norsan Tekankan Soal Normalisasi DAS

KalbarOnline, Sambas – Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan bersama Kepala BNPB Provinsi Kalbar, Ansfridus Juliardi Andjioe menyerahkan bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako kepada para korban terdampak bencana banjir di beberapa titik di Kabupaten Sambas, Rabu (08/03/2023).

Turut hadir mendampingi Wagub Norsan, Asisten Administrasi dan Umum Sekda Kabupaten Sambas, Eko Susanto dan jajaran Forkopimda Kabupaten Sambas.

Dalam kesempatan itu, Wagub Kalbar mengatakan, bahwa banjir kali ini merupakan luapan sungai dari wilayah Subah kemudian meluap ke Sungai Teberau. Hal ini ditengarai akibat dari pendangkalan Daerah Aliran Sungai (DAS) di wilayah tersebut.

“Ini banjir sebenarnya ulah tangan manusia juga, makanya jika penahan airnya (pohon) sudah tidak ada lagi, maka kita imbangi dengan pengerukan sungai guna mengantisipasi pendangkalan,” ujar Norsan.

Baca Juga :  Viral Remaja Asik Joget di Tengah Kebakaran Pasar Sambas, Berujung Minta Maaf

“Saya rasa Sungai Sebarau ini memang harus segera dikeruk,” tekannya menambahkan.

Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan bersama rombongan meninjau langsung kondisi terkini banjir di Kabupaten Sambas, Rabu (08/03/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan bersama rombongan meninjau langsung kondisi terkini banjir di Kabupaten Sambas, Rabu (08/03/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

Kemudian, Wagub Kalbar juga mengingatkan kepada seluruh instansi terkait dan stakeholder, agar mengambil langkah strategis terkait penanganan pasca banjir di Kabupaten Sambas ini.

“Kita juga akan melihat kondisi masyarakat setempat setelah banjir ini surut terutama masalah kesehatan warga. Mudah-mudahan dengan kunjungan ini komunikasi kita berjalan dengan lebih baik. Apabila ada kendala dan kekurangan di lapangan, mohon segera sampaikan agar cepat untuk ditindaklanjuti,” tuturnya.

Wagub juga memberikan motivasi kepada masyarakat yang terdampak banjir untuk bersabar atas cobaan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dirinya juga mengingatkan, dengan adanya bencana ini, bisa menjadi pelajaran dan renungan untuk semua agar selalu menjaga kelestarian lingkungan.

Sebelumnya, paket sembako yang diserahkan tersebut terbagi di dua titik lokasi, yakni di Dusun Lubuk Lagak, Desa Lubuk Dagang, Kecamatan Sambas dan Desa Sungai Bening, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, dengan total 1000 paket yang terdiri dari minyak goreng, gula, beras, susu kaleng hingga mie instan.

Baca Juga :  Serap Aspirasi Pedagang Pasar Pulau Tayan, Sutarmidji: Midji – Norsan Komitmen Benahi pasar se – Kalbar

Setelah penyaluran bantuan di Kabupaten Sambas, rombongan Wagub Kalbar direncanakan bertolak ke Kabupaten Bengkayang dan Kota Singkawang untuk menyerahkan bantuan serta meninjau secara langsung kondisi masyarakat yang terdampak banjir.

Adapun total keseluruham bantuan yang disalurkan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kepada korban banjir sebanyak 2.500 paket. Jumlah tersebut dibagi untuk warga Kabupaten Sambas 1.000 paket, Bengkayang 1.000 paket dan Kota Singkawang 500 paket. (Jau)

Comment