Pemprov Kalbar Dukung Penuh Festival Film Pelajar Khatulistiwa

Pemprov Kalbar Dukung Penuh Festival Film Pelajar Khatulistiwa

Agen Kebangkitan Ekraf

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mendukung penuh Festival Film Pelajar Khatulistiwa (FFPK) II tahun 2021 yang digelar Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Kalimantan Barat.

Menurutnya festival film yang mengusung tema “Tunjukan Prestasimu, Majukan Daerahmu” itu merupakan ajang positif bagi pelajar untuk menunjukkan kreatifitasnya sehingga bisa menjadi agen kebangkitan sektor ekonomi kreatif. Terlebih lagi, saat ini industri film dan sinematografi tengah berkembang pesat di tengah lajunya arus digitalisasi.

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Kalbar mengucapkan selamat dan sukses atas diselenggarakannya Festival Film Pelajar Khatulistiwa II tahun 2021 ini. Semoga kegiatan ini sukses dan menghasilkan prestasi yang luar biasa,” katanya usai menerima audiensi dengan Ketua P3I Kalbar, Selasa, 26 Oktober 2021.

Sementara Ketua umum P3I Kalbar Zulfydar Zaidar Mochtar mengucap syukur atas dukungan Pemerintah Provinsi Kalbar terhadap Festival Film Pelajar Khatulistiwa yang digelar pihaknya. Sebagai wujud komitmen atau dukungan Pemprov Kalbar, kata Zulfydar, FFPK tahun 2022 mendatang akan digelar besar-besaran.

Baca Juga :  Wagub Ria Norsan Ajak Komunitas Melayu Berbudaya Sinergi Bangun Kalbar

“Tentu dukungan ini tidak hanya tahun ini saja, tetapi tahun depan kita juga akan besarkan kembali kegiatan ini oleh Pemprov Kalbar,” katanya.

Anggota DPRD Kota Pontianak ini turut menyebut bahwa FFPK merupakan wahana bagi seluruh pelajar di Kalimantan Barat untuk menelurkan kreativitas dalam bentuk film. Namun tahun ini jangkauan pesertanya diperluas lagi, dengan menambah kategori untuk mahasiswa dan masyarakat umum.

“Semangatnya adalah kita ingin para pelajar dan pelaku sinematografi kita di Kalbar secara umum dan Kota Pontianak khusus untuk terus menghasilkan karya terbaik. Selain untuk menggali kreativitas pelajar dan mencari bakat-bakat di Kalbar,” katanya.

Sedangkan bagi pemerintah daerah, FFPK ini menurutnya, dapat menjadi ajang promosi pariwisata, inovasi layanan daerah, mempromosikan ciri khas daerah di bidang sosial dan budaya hingga kesehatan.

“Oleh sebab itu, kami berharap pemda terutama kepala daerah Bupati dan Wali Kota mendorong pelajar dan masyarakat iku ambil bagian dalam FFPK ini,” katanya.

Baca Juga :  PUPR Kalbar Target Tuntaskan Jalan Siduk-Sukadana

Zulfydar menerangkan, terdapat tiga lomba pada FFPK tahun ini, yaitu Lomba Film Pendek, video iklan dan desain poster. Di mana pada lomba tersebut terdapat beberapa katagori diantaranya Pelajar tingkat SMP dan SMA, Mahasiswa dan Umum se-Kalimantan Barat.

Selain itu, lanjut Zulfydar, peserta dapat memilih berberapa segmentasi, seperti bidang Pendidikan, Kesehatan, Pariwisata, Sosial dan Budaya.

“Pendaftaran lomba ini gratis. Nantinya hasil karya para pemenang yakni 10 nominasi setiap segmen akan diputar di TVRI sebelum digelarnya malam FFPK,” jelas Zulfydar.

Proses pendaftaran sudah bisa dilakukan sejak September lalu. Sementara biaya pendaftarannya gratis. Hingga saat ini sudah ada sekira 30an pendaftar dari seluruh Kalbar, dan masuk dibuka. Pihaknya juga telah melakukan roadshow ke daerah-daerah. Sedangkan acara puncak akan digelar pada akhir November 2021.

Comment