Partai Demokrat Kalbar Dukung Pelestarian Adat Budaya Cap Go Meh

KalbarOnline, Pontianak – Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar, Ermin Elviani berkesempatan menghadiri Ritual Buka Mata Naga yang dilaksanakan di Klenteng Nam Tau Kang, Gang Ketapang, Jalan Gajah Mada, Kota Pontianak, pada Jumat (03/02/2023).

Kehadiran Ermin kala itu didampingi oleh Ketua DPC Partai Demokrat Kota Pontianak, Tan Lie Hian.

Ermin dalam kesempatan itu menuturkan, bahwa Partai Demokrat sangat mengapresiasi serta menghormati seluruh adat dan budaya yang di Bumi Khatulistiwa, termasuk adat budaya masyarakat Tionghoa.

“Adat budaya barongsai dan naga ini merupakan warisan leluhur bagi masyarakat Tionghoa yang hidup dan berkembang hingga saat ini. Adat dan budaya ini tentu harus dilestarikan,” ujarnya.

Sebagaimana warisan tak benda dari leluhur, Ermin pun mengatakan, kebudayaan nusantara yang ada ini merupakan aset tak ternilai yang dapat menyedot para wisatawan untuk datang ke Kalbar.

Baca Juga :  Komitmen Ingin Membangun Kalbar, Sutarmidji Terus Bangun Koalisi

“Selain ritual, budaya barongsai dan naga juga merupakan kekayaan budaya, dan aset wisata yang bisa menyedot dan mendatangkan para turis dan wisatawan di Kalimantan Barat,” pungkasnya.

Senada dengan itu, Tan Lie Hian menyatakan, bahwa pihaknya sejak awal sangat komit dalam melestarikan  kegiatan-kegiatan budaya yang ada. Tak hanya sebagai person maupun kepartaian, dukungan turut diberikan pada tataran legislasi atau kebijakan melalui awak Partai Demokrat di DPRD Kota Pontianak.

“Dan kawan-kawan di dewan juga sangat komit, baik dari sisi kebijakan maupun sisi anggaran,” ujarnya.

Di tengah pesatnya perkembangan zaman dan derasnya arus informasi saat ini, ia berharap budaya-budaya yang ada di Kota Pontianak dapat terus dilestarikan dan diwariskan.

“Kami, Partai Demokrat sejak awal komit terhadap pelestarian budaya-budaya nusantara, termasuk budaya Tionghoa. Kami juga mengajak generasi muda untuk ikut andil dalam melestarikan budaya yang ada,” ujarnya.

Baca Juga :  Satu Ton Kue Keranjang Hiasi Festival CGM di Pontianak

Sementara itu, Tokoh masyarakat Tionghoa Kalbar, Lim Tjai Hong alias Suhu Ong memberikan apresiasi kepada Partai Demokrat Kalbar yang telah memberikan perhatiannya terhadap adat istiadat budaya Tionghoa. Suhu Ong turut merasa bangga, atas kehadiran Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar, Ermin Elviani dalam ritual tersebut.

“Dari bandara Supadio, Ibu Ermin Elviani langsung hadir di lokasi ritual buka mata. Ini yang membuat kami salut dan bangga kepada beliau,” ucapnya.

Terkait dengan ritual buka mata naga, Suhu Ong menjelaskan, upacara itu bertujuan agar masyarakat diberikan kesehatan, harta dan rezeki yang berlimpah serta kedamaian bersama menjelang acara ritual besar Cap Go Meh nantinya. (Jau)

Comment