Hadiri Dies Natalis ke-3 UNOSO, Ini Harapan Gubernur Sutarmidji

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menghadiri Dies Natalis ke-3 Universitas Oso (UNOSO) di Aula Hotel Mahkota Pontianak, Selasa (31/01/2023). Atas nama Pemerintah Provinsi Kalbar, Sutarmidji turut mengucapkan selamat atas dies natalis ke-3 UNOSO.

“Yang tak kalah pentingnya ucapan terima kasih saya selaku gubernur, atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat atas kesediaan Pak OSO untuk mendirikan Universitas OSO di Kalimantan Barat,” ucapnya mengawali sambutan.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada OSO (Oesman Sapta Odang) yang merupakan Ketua Pembina Yayasan Pendidikan OSO atas sumbangsihnya dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kalbar.

“Indonesia rata-rata sudah di atas 70, dan kita (Provinsi Kalimantan Barat) masih 69, jadi masih tertinggal, dan yang paling sulit untuk mengejar itu adalah lamanya belajar, lamanya belajar rata-rata orang Kalbar itu baru 7,5 tahun,” kata Sutarmidji.

“Dan dengan hadirnya banyak perguruan tinggi, salah satunya Universitas OSO ini maka akan membuat angka lamanya belajar akan semakin tinggi, dan mudah-mudahan ini bisa terwujud sehingga IPM kita bisa di atas 70,” sambungnya.

Baca Juga :  Pemkot Akan Tambah Spot Kuliner di Taman Teras Parit Nanas

Dijelaskan Sutarmidji lagi, IPM sangat penting, karena investor yang mau masuk ke Kalbar pasti melihat IPM Kalbar yang masih 69 dan lamanya belajar baru 7,5 tahun. Alhasil, ketika orang mau investasi di Kalbar terpaksa harus membawa tenaga kerja dari luar.

“Ini yang menjadi masalah kita. Saya usul kalau dapat Universitas OSO ini bisa membuka Prodi Pariwisata, objek pariwisata kita itu harus dikelola dengan baik. Ada 325 objek wisata di Kalbar yang potensinya luar biasa, cuma belum terangkat, karena sumber daya manusia kita masih sangat terbatas,” kata dia.

Dies Natalis ke-3 UNOSO di Aula Hotel Mahkota Pontianak, Selasa (31/01/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Dies Natalis ke-3 UNOSO di Aula Hotel Mahkota Pontianak, Selasa (31/01/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

“Saya berharap banyak, kalau ada Program Studi (Produk) Perhotelan atau Pariwisata, maka kelengkapannya sudah tidak ada masalah lagi dari sisi praktek dan sebagainya,” ucapnya menambahkan.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Pemprov Kalbar ini juga menyampaikan, kalau dalam waktu dekat akan dilakukan MoU antara Pemprov Kalbar dengan Universitas OSO.

Baca Juga :  Warga Sungai Jawi Dalam Antusias Turunkan Stunting

Insya Allah dalam waktu dekat ini akan ada MoU antara pemerintah provinsi dengan Universitas OSO. Kita juga harus men-support agar universitas ini terus berkembang dan maju untuk kepentingan masyarakat Kalimantan Barat,” katanya.

“Dan bentuk support mungkin salah satunya untuk meningkatkan sumber daya aparat desa dan kepala desa untuk meningkatkan kemampuan manajemen desa dan sebagainya, mungkin kita akan bekerja sama seperti itu,” terangnya lagi.

Sebagai informasi, UNOSO Pontianak merupakan kampus yang baru berdiri pada tahun 2020. UNOSO berlokasi di Jalan Untung Suropati nomor 99, Kota Pontianak atau persisnya di depan Ayani Mega Mall Pontianak.

Dalam acara Dies Natalis ke-3 UNOSO tahun 2023 ini, turut dihadiri Oesman Sapta Odang dan jajaran pengurus Yayasan OSO, Forkopimda Provinsi Kalbar serta beberapa kepala daerah kabupaten/kota se-Kalimantan Barat. (Jau)

Comment