Open Data Day Kalbar 2022: Data Akurat, Kebijakan Tepat

KalbarOnline, Pontianak – Mewakili Gubernur Kalbar, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Pemprov Kalbar, Linda Purnama membuka workshop dan talkshow Open Data Day Kalbar 2022, di Hotel Star Pontianak, Kamis (08/12/2022).

Dalam sambutannya, Linda Purnama menyampaikan, bahwa dalam menghasilkan output pembangunan yang berkualitas tentunya memerlukan data yang berkualitas yang didalamnya paling tidak terdapat empat aspek atau pihak yang diperuntukan secara langsung dengan tersedianya data yang berkualitas.

Pertama yakni dari sisi pemerintah, yaitu dalam perumusan kebijakan dapat lebih responsif dan tepat sasaran, kemudian perumusan target kinerja pembangunan akan lebih terukur serta pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembangunan akan lebih mudah dilakukan.

Selanjutnya yang kedua, dari sisi dunia pendidikan dan penelitian dapat lebih berkualitas karena akan didukung oleh data dan informasi yang akurat, valid dan terkini atau update.

Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Pemprov Kalbar, Linda Purnama berfoto bersama para pemenang dalam rangkaian kegiatan workshop dan talkshow Open Data Day Kalbar 2022. (Foto: Biro Adpim Pemprov Kalbar For KalbarOnline.com)
Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Pemprov Kalbar, Linda Purnama berfoto bersama para pemenang dalam rangkaian kegiatan workshop dan talkshow Open Data Day Kalbar 2022. (Foto: Biro Adpim Pemprov Kalbar For KalbarOnline.com)

Kemudian yang ketiga, lanjut Linda, para pelaku bisnis juga akan memiliki sisi manfaat yang sangat besar, dimana para pebisnis akan lebih leluasa dalam menyusun rencana bisnisnya, sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat para investor untuk melakukan usahanya khususnya di Provinsi Kalimantan Barat.

“Dan yang keempat, bagi masyarakat yang tentunya memiliki manfaat yang sangat besar baik secara individu maupun komunitas akan mendukung lebih banyak pilihan dalam mengembangkan potensi dan aktivitas,” jelas Linda.

Dengan data yang berkualitas dan didukung dengan ketersediaan data dan informasi yang valid, sambung Linda, tentunya akan menjadi sumber pengetahuan bagi para individu dan masyarakat luas khususnya di Kalbar.

Sebagai tambahan, bahwa kegiatan ini diinformasikan sebagai salah satu wujud nyata dari visi dan misi Gubernur Kalbar dalam hal penyediaan data daerah yang akurat, sehingga dapat dimanfaatkan tidak hanya sebagai dasar perencanaan, namun juga sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam pembangunan yang berkelanjutan. (Jau)

BACA JUGA:  Para Wisudawan Poltekkes Kemenkes Diharapkan Mampu Dongkrak IPM Kalbar di Bidang Kesehatan

Comment