Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Ultah yang ke-60 ke Gubernur Sutarmidji

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji merayakan Hari Ulang Tahun (HUT)-nya yang ke-60 secara khidmat dan sederhana, di Pendopo Gubernur Kalbar, Kota Pontianak, Selasa (29/11/2022).

Acara tersebut dihadiri oleh istri, anak-anak, cucu serta kerabat lainnya. Hadir pula sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar, anggota Forkopimda Kalbar dan anak-anak dari Pondok Tahfidz Alquran.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sutarmidji merasa sangat bahagia, karena tepat di usianya yang ke-60 tahun, bertepatan pula dengan kunjungan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) ke Kalbar.

“Jadi saya di usia 60 tahun ini sangat berbahagia, pertama entah kebetulan entah apa, hari ini bersamaan dengan hadirnya Pak Presiden,” ucapnya.

“Jadi sebelum naik tangga pesawat (pulang) beliau mengucapkan selamat ulang tahun, juga dengan Pak Kapolri, tadi sempat ngobrol dan yang lainnya,” ungkap Sutarmidji.

Bahkan karena bertepatan dengan kedatangan presiden, staf-staf kepresidenan termasuk Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, juga akhirnya mengetahui hari ulang tahun Gubernur Sutarmidji, dan turut mengucapkan selamat.

“Jadi itu bahagianya di situ, entah kebetulan, entah apa, jadi pas juga, mengapa tidak di usia sebelum-sebelumnya, jadi pas 60 (tahun),” katanya.

Kemudian yang kedua, Sutarmidji juga merasa bahagia karena di tahun terakhir ia mengemban jabatan sebagai gubernur, semua rencana yang disusun Pemprov Kalbar di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) lima tahunan, sudah terlaksana semua.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji berfoto bersama keluarga di sela-sela merayakan Hari Ulang Tahun (HUT)-nya yang ke-60, di Pendopo Gubernur Kalbar, Kota Pontianak, Selasa (29/11/2022). (Foto: Biro Adpim Pemprov Kalbar For KalbarOnline.com)
Gubernur Kalbar, Sutarmidji berfoto bersama keluarga di sela-sela merayakan Hari Ulang Tahun (HUT)-nya yang ke-60, di Pendopo Gubernur Kalbar, Kota Pontianak, Selasa (29/11/2022). (Foto: Biro Adpim Pemprov Kalbar For KalbarOnline.com)

“Saya sudah evaluasi, bahkan beberapa sudah melampaui target,” ucapnya.

Ia mencontohkan, seperti Pendapatan Asli Daerah (PAD), di awal menjabat ia memiliki obsesi agar angkanya bisa lebih besar dibanding dana transfer pemerintah pusat. Dan hal itu sudah terwujud, yang artinya secara kemandirian fiskal, Pemprov Kalbar sudah baik.

BACA JUGA:  Warga Sungai Ayak Resah, Orang Gila Bebas Berkeliaran

Alhamdulillah tahun ini sudah (PAD lebih besar), tahun depan lebih besar lagi persentase kemampuan keuangan daerah dibandingkan dengan transfer pusat. Ini suatu kebangga bagi saya sebagai gubernur karena bisa membawa Kalbar lebih baik,” ujarnya.

Dalam momen perayaan ulang tahun kemarin, Gubernur Sutarmidji juga sempat mendapat ucapan spesial dari sang cucu Arsakha Putra Rakarinda. Momen itu terlihat saat sang istri Lismaryani hendak mengucapkan selamat, lalu menyerahkan mikrofon terlebih dahulu kepada Arsakha-panggilan karib cucunya.

“Selamat ulang tahun datok, semoga panjang umur, sehat selalu, belikan Arsakha mainan, Arsakha sayang datok,” ucap sang cucu yang langsung disambut riuh tepuk tangan para tamu yang hadir.

Selanjutnya, sang istri Lismaryani juga mendoakan banyak hal baik kepada mantan Wali Kota Pontianak dua periode itu. Harapannya sang suami bisa terus mengembang amanah, baik sebagai kepala di rumah tangga, maupun kepala daerah, untuk memimpin Kalbar lebih baik lagi ke depan.

“Saya sebagai istri mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-60, Bapak Sutarmidji, semoga di usia yang ke-60 ini, selalu diberikan keberkahan, kesehatan, rezeki berlimpah, sayang kepada keluarga, anak, dan cucu. Hanya itu yang dapat saya sampaikan, semoga Pak Sutarmidji bisa mengemban amanah ini, lebih baik lagi,” ungkapnya.

Adapun acara ulang tahun orang nomor satu di Kalbar itu, diisi dengan pemotongan tumpeng, serta kue ulang tahun. Juga ada doa bersama yang dipimpin langsung oleh KH Jalaludin Ahmad, bersama puluhan anak-anak dari Pondok Tahfidz Alquran. (Jau)

Comment