Partisipasi ESB pada SIAL Interfood, Perkenalkan Teknologi Terdepan ESB Digital Ekosistem di Pasar Internasional 

KalbarOnline, Jakarta – PT Esensi Solusi Buana (ESB) sebagai perusahaan penyedia aplikasi POS (Point-of-Sales) dan juga software ERP untuk manajemen restoran terintegrasi terbesar di Indonesia, akan turut berpartisipasi pada pameran SIAL Interfood 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 9 – 12 November 2022 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Langkah strategis ini menunjukkan ambisi ESB dalam memperkenalkan ekosistem teknologi ESB yang memungkinkan digitalisasi penuh sebuah usaha restoran segala skala di pasar internasional.

SIAL Interfood sendiri adalah event expo prestisius berskala internasional khusus untuk produk dan teknologi di bidang Food and Beverage (F&B), dengan 55 tahun pengalaman dan sudah berjalan selama 20 tahun.

Pameran ini memberi peluang bagi perusahaan-perusahaan Indonesia untuk dikenal di pasar internasional, maupun perusahaan asing yang ingin menancapkan eksistensinya di market Indonesia. Dan pada tahun ini, leading players dari 21 sektor meliputi food & grocery retail market akan ikut berpartisipasi, 42% merupakan local exhibitors dan 58% international exhibitors.

Akan ada sekitar 750 perusahaan yang berasal dari 27 negara yang bergabung, yang diyakini dapat menarik pengunjung dalam dan luar negeri setidaknya 82 ribu.

Gunawan Woe, CEO dari ESB berkata, bahwa partisipasi ESB dalam pameran skala internasional ini bertujuan untuk memberikan eksposur atas keahlian kami sebagai leading F&B restaurant technology.

“Sejauh ini kami sukses menciptakan sebuah ekosistem digital untuk usaha kuliner berbagai skala dan terus mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan pasar,” ujarnya, Selasa (08/11/2022).

“Paket komplit untuk teknologi restoran ESB, dengan rangkaian produk meliputi Ordering Systems, Digital POS, Kitchen Display System, ERP system dan juga F&B Supply e-commerce, siap untuk bersaing dengan teknologi restoran dari negara-negara lain dengan harga yang kompetitif,” terang Gunawan menambahkan.

Pada event SIAL Interfood nanti, ESB akan showcasing produk-produk unggulan seperti untuk Point-Of-Sales, akan ada ESB POS dan ESB POS Lite, dimana ESB POS adalah software POS yang khusus diperuntukkan untuk brand-brand yang sudah well-established.

“Dan ESB POS Lite dikembangkan untuk pengusaha-pengusaha UMKM guna mendapatkan kemudahan dalam menjalankan operasional bisnisnya serta memaksimalkan keuntungan,” ujarnya.

Di event akbar ini, lanjutnya, ESB juga akan memperkenalkan ekosistem digital pendukung pendukung restoran dari ESB seperti ESB Order, yang merupakan aplikasi untuk pemesanan makanan, yang sudah dilengkapi dengan mode dine-in, pick-up dan delivery beserta fitur multi-payment.

Kemudian ada ESB Goods, yang merupakan aplikasi pendukung untuk pemesanan bahan baku dengan supplier terpercaya, dan ESB Core yang juga merupakan aplikasi ERP, untuk memonitor operasional harian hingga laporan penjualan dan perhitungan laba dan rugi suatu restoran.

Aplikasi pendukung lain yang merupakan single ecosystem dari ESB yang akan di-display adalah ESB Book, ESB Kiosk, ESB Loop, ESB Kitchen dan ESB Lounge.

“Mimpi kami cukup besar, yaitu mendukung banyak mimpi foodpreneur dalam dan luar negeri, dengan produk teknologi ESB yang 100 persen buatan anak bangsa,” ungkapnya.

“Pada pameran ini kami berharap market dapat melihat potensi yang luar biasa dari ESB dalam meningkatkan digitalisasi   industri makanan dan minuman” pungkas Gunawan.

Tentang ESB

ESB adalah perusahaan teknologi untuk bisnis F&B yang menyediakan software terintegrasi yang dirancang khusus untuk restoran, cloud kitchen, warung makan, dan lain-lain.

Software yang ditawarkan oleh ESB terdiri dari fitur pesan dan bayar yang tidak mengharuskan pelanggan untuk menginstal POS, Display Kitchen, Display Customers, Order via Kiosk, ERP, Loyalty Program, supply chain, dan BI, semuanya terintegrasi dalam satu ekosistem. (Jau)

Comment