Lestarikan Tenun Corak Insang, Dekranasda Pontianak Gelar Lomba Desain Motif

KalbarOnline, Pontianak – Guna menjaga kelestarian dan memperkenalkan motif tenun corak insang secara luas, Dekranasda Kota Pontianak kembali menggelar Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang Kreasi 2022. Pendaftaran dan penyerahan sketsa lomba dilaksanakan mulai tanggal 8 hingga 25 September 2022.

Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie mengatakan, tema yang diusung dalam lomba ini adalah “Pontianak Punye Cerite, Corak Insang Punye Kite”. Melalui lomba ini pula, pihaknya ingin kembali memberikan kesempatan kepada para desainer, khususnya anak muda Pontianak untuk menuangkan ide dan kreasinya ke dalam sebuah karya desain. Selain itu, Yanieta ingin menularkan rasa bangga terhadap penggunaan desain corak insang kepada generasi muda.

Desain yang dibuat memadukan motif corak insang dan ornamen-ornamen khas Kota Pontianak seperti Tugu Khatulistiwa, Masjid Jami’, Istana Kadriyah, meriam karbit, bunga cengkeh, bunga tanjung, bunga telur, lidah buaya dan lainnya.

“Dengan memadukan motif corak insang dan ornamen-ornamen khas Kota Pontianak sehingga akan tercipta motif-motif corak insang kreasi yang baru supaya hasilnya lebih bervariasi,” ujarnya saat konferensi pers Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang Kreasi di Gedung UMKM Center, Rabu (07/09/2022).

Baca Juga :  Selundupkan Sabu di Anus, 3 Tersangka Ditangkap BNN Kalbar 

Tahun 2020 lalu, Dekranasda Kota Pontianak juga telah menggelar lomba desain motif tenun corak insang asli dan motif tenun corak insang kreasi. Dari hasil lomba tersebut pihaknya telah mengaplikasikan hasil desain para pemenang ke dalam bentuk kain.

“Bahkan busananya sudah ada yang terjual di griya dekranasda,” imbuhnya.

Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie memaparkan tentang Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang Kreasi pada konferensi pers di Gedung UMKM Center. (Foto: Prokopim/Kominfo For KalbarOnline.com)
Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie memaparkan tentang Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang Kreasi pada konferensi pers di Gedung UMKM Center. (Foto: Prokopim/Kominfo For KalbarOnline.com)

Dia berharap lomba desain tahun ini akan memunculkan ide-ide baru dan lebih baik, sehingga motif corak insang kreasi bisa kembali diproduksi dan digunakan tidak hanya masyarakat Pontianak tetapi juga masyarakat Indonesia.

“Keinginan kami selain melestarikan dan mensosialisasikan corak insang sebagai khas Kota Pontianak juga agar tenun corak insang bisa digunakan oleh turis baik nasional maupun internasional,” harapnya.

Baca Juga :  TP PKK Pontianak Gelar Aksi Donor Darah

Ketua Panitia Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang Kreasi 2022, Ruli Sudira menerangkan bahwa, peserta lomba desain adalah warga Kota Pontianak–yang dibuktikan dengan kepemilikan identitas warga Kota Pontianak. Peserta dapat mendaftarkan diri baik secara individu maupun berkelompok dengan maksimal tiga orang dan pendaftaran tidak dipungut biaya.

“Kategori peserta berusia 14 sampai 58 tahun, peserta perseorangan harus beridentitas warga Kota Pontianak kecuali mendaftar secara berkelompok maksimal tiga orang dan diperbolehkan satu peserta ber KTP di luar Pontianak,” terangnya.

Untuk mendaftar lomba desain, peserta dapat mengisi pendaftaran melalui online di link: bit.ly/lombadesainmotiftenuncorakinsangkreasi2022 dan memfollow akun instagram Dekranasda Kota Pontianak @dekranasdapontianak.

“Untuk informasi lebih lengkap mengenai lomba desain motif tenun corak insang kreasi dapat melihat langsung persyaratan mengikuti lomba di instagram Dekranasda Kota Pontianak,” pungkasnya. (Jau)

Comment