Malam Puncak Grand Final, Ketua Tim PKK Provinsi Nobatkan Pemenang Putra dan Putri Pariwisata Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Setelah melalui proses yang lumayan panjang, kini Putra dan Putri Pariwisata Tingkat Provinsi Kalbar akhirnya ditetapkan. Penobatan keduanya dilakukan oleh Ketua PKK Provinsi Kalimantan Barat, Lismaryani Sutarmidji di Hotel Aston Pontianak, Selasa 23 Agustus 2022.

Adapun yang berhasil dinobatkan sebagai Putra Pariwisata Kalbar 2022 atas nama Huda Rabbani dari Kabupaten Kubu Raya, dan Putri Pariwisata Kalbar 2022 atas nama Imelda Hutasoit dari Kabupaten Kubu Raya.

Pemasangan mahkota dan penyerahan hadiah diberikan langsung oleh Ketua Tim PKK Provinsi Kalbar, Lismaryani Sutarmidji. 

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Kalbar Lismaryani mengatakan, Kalbar memiliki berbagai potensi pariwisata dan keanekaragaman budaya yang tidak kalah menariknya dengan daerah-daerah lain yang ada di Indonesia.

Karena itu potensi pariwisata dan kebudayaan yang ada harus ditumbuhkembangkan sebagai aset Kalbar. Sehingga provinsi ini bisa menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang dapat diminati oleh wisatawan nusantara dan mancanegara. 

“Pada era saat ini, kita tidak boleh pasif dan berdiam diri agar kita tidak tertinggal selalu dengan daerah lain. Kita harus pro aktif menggunakan peluang dan kesempatan yang ada. Berbagai upaya harus kita lakukan untuk mengangkat harkat dan martabat daerah. Salah satunya dengan melestarikan budaya yang pada akhirnya akan menjadi kebanggaan kita bersama masyarakat Kalbar,” pesannya.

Berangkat dari hal itu, ia juga berharap pemilihan putra-putri pariwisata harus mampu menginformasikan secara menyeluruh potensi pariwisata dan khazanah budaya Kalbar yang sangat dicintai dan dibanggakan. 

Penobatan Putri Pariwisata Tingkat Provinsi Kalbar di Hotel Aston Pontianak, Selasa 23 Agustus 2022. (Foto: Istimewa)
Penobatan Putri Pariwisata Tingkat Provinsi Kalbar di Hotel Aston Pontianak, Selasa 23 Agustus 2022. (Foto: Istimewa)

Lismaryani menambahkan, TP-PKK Kalbar sebagai organisasi mitra pemerintah dalam pembangunan, sesuai visinya yakni terwujudnya keluarga sehat, cerdas, berdaya, beriman dan bertakwa menuju Indonesia maju 2024, akan terus berupaya membangun masyarakat dari level terkecil sebuah negara yaitu keluarga. 

Baca Juga :  MCP Provinsi Kalbar Tahun 2022 Ditargetkan di Atas 90 Persen

Ia juga menyampaikan, penyelenggaraan misi dan 10 program pokok PKK sangat erat hubungannya dengan pariwisata, diantaranya yaitu, pertama program pendidikan dan keterampilan. 

“PKK berupaya mengajak masyarakat Kalbar untuk meningkatkan pendidikan dan keterampilan sebagai langkah maju untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Termasuk keterampilan dalam mendukung pariwisata misalnya keterampilan dalam kuliner dan kerajinan oleh-oleh di objek wisata,” ungkapnya. 

Lalu yang kedua program kelestarian lingkungan hidup. Ia melanjutkan, dalam berbagai kesempatan peran PKK Juga mengajak masyarakat untuk melakukan penanaman pohon penghijauan baik pada lahan kritis maupun di lokasi ekowisata. 

“Pernah kami lakukan di ekowisata Telok Berdiri, Desa Sungai Kupah, Kubu Raya. Dan banyak lagi peran PKK dalam upaya pengembangan pariwisata di Kalbar,” katanya. 

Namun yang terpenting lanjut dia, adalah setiap masyarakat Kalbar harus mempunyai peran masing-masing untuk pengembangan pariwisata yang bisa diambil dan dilaksanakan. Sehingga nantinya, semua juga bisa dapat menikmati nilai ekonomi dari pariwisata tersebut secara merata.

Kepada para finalis putra-putri pariwisata Kalbar tahun 2022 yang telah berusaha dan meluangkan tenaga, pikiran serta waktu guna mengikuti pemilihan ini, ia berpesan untuk menjunjung tinggi rasa sportivitas dan kebersamaan sesama finalis. 

“Selamat bagi pemenang yang terpilih dan bagi yang belum terpilih, jangan berkecil hati jadikan momen ini sebagai motivasi diri untuk lebih giat dan tekun lagi dalam meraih mimpi dan kesuksesan,” ujarnya.

Baca Juga :  Ribuan Lampion Percantik Pontianak Sambut Imlek
Penobatan Putra Pariwisata Tingkat Provinsi Kalbar di Hotel Aston Pontianak, Selasa 23 Agustus 2022. (Foto: Istimewa)
Penobatan Putra Pariwisata Tingkat Provinsi Kalbar di Hotel Aston Pontianak, Selasa 23 Agustus 2022. (Foto: Istimewa)

“Bagi saya para finalis ini semuanya merupakan duta pariwisata Kalbar yang harus terus mempromosikan pariwisata Kalbar, di manapun berada, supaya nantinya kita dapat bersama menikmati dampak positif dari pembangunan pariwisata,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua PKK Provinsi Kalbar, Lismaryani Sutarmidji yang telah menobatkan langsung pemenang Putra dan Putri Pariwisata tingkat Provinsi Kalbar tahun 2022.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Ibu PKK Provinsi yang sudah hadir malam ini menobatkan langsung Pemenang Putra dan Putri Pariwisata Provinsi Kalbar tahun 2022,” ujarnya.

Ia juga berpesan kepada Putra dan Putri Pariwisata Kalbar tahun 2022 untuk terus explore potensi pariwisata di Kalbar, serta ikut mempromosikan dengan masif pariwisata di Kalbar.

Tak hanya itu saja, dikatakannya, pemilihan Putra dan Putri Pariwisata ini bukan hanya dilihat dari penampilan dan kecantikan saja, melainkan pengetahuan mereka terkait pariwisata, maupun budaya di Kalbar.

“Pemenang Putra dan Putri Pariwisata Provinsi tidak hanya dilihat dari penampilan dan kecantikannya saja, tapi dia harus paham dan mengetahui  yang menjadi potensi pariwisata di Kalbar,” harap Windy.

Windy juga ingin, melalui pemuda Kalbar yakni Putra dan Putri Pariwisata Kalbar bisa terus mempromosikan wisata Kalbar, dan mengajak para pelancong datang ke Kalbar.

“Ingat saja tagline kita, kalau mau berwisata yakni ‘wisata di Kalbar jak’,” pungkasnya. (Jau)

Comment