by

Satgas Linmas Ketapang Dapat Pelatihan Mitigasi Bencana

KalbarOnline, Ketapang – Asisten Sekda Kabupaten Ketapang Bidang Pemerintahan dan Kesra, Edi Radiansyah membuka pelatihan mitigasi bencana bagi Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat (Satgas Linmas) Kabupaten Bidang Linmas Satpol PP, di Pendopo Bupati Ketapang, Rabu (10/08/2022).

Kegiatan itu bertujuan untuk penguatan dan peningkatan pengetahuan serta keterampilan Satgas Linmas dalam upaya mendukung pelaksanaan tugas. Sehingga mampu tanggap, cepat dan tepat dalam melakukan upaya preventif menghadapi bencana serta mengoptimalkan tugas dan fungsi Satgas Linmas di tengah masyarakat pada situasi pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya, Edi mengatakan, bahwa keberadaan Satgas Linmas telah ditetapkan melalui SK Bupati Ketapang Nomor : 715 Satpol PP-Linmas 2021 tentang Pembentukan Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat Kabupaten Ketapang tanggal 26 November 2021–yang selanjutnya disebut Satuan Tugas Linmas.

“Satgas Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna meminimalisir dampak yang ditimbulkan akibat bencana serta ikut memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta perlindungan masyarakat,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Edi mengharapkan, Satgas Linmas mampu melakukan pendekatan secara persuasif, edukatif dan partisipatif, sehingga keberadaan Satgas Linmas sungguh bisa sangat dirasakan masyarakat.

Oleh karenanya, ia juga berpesan agar para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh.

“Saya harap apa yang disampaikan oleh narasumber dapat dicerna dan dipahami sebagai bekal nanti di lapangan,” pungkasnya. (Adi LC)

BACA JUGA:  Deteksi Dini Gangguan Kamtibmas, Keberadaan Poskamling Diperlukan

Comment