Laksanakan Patroli Bersama Saat Banjir, Ini yang Dilakukan Personel Polres Kapuas Hulu

KalbarOnline, Putussibau – Polres Kapuas Hulu bersama BPBD Kabupaten Kapuas Hulu melakukan patroli bersama untuk memonitor dan mengevakuasi warga yang terdampak banjir di wilayah Putussibau, Sabtu 6 Agustus 2022.

Kapolres Kapuas Hulu, AKBP France Yohanes Siregar melalui Kabag Ops, AKP Edhi Trisno Tarigan menyatakan, bahwa patroli gabungan yang dilakukan pihaknya yakni di seputaran Jalan A Yani, Jalan DI Panjaitan, Jalan Komyos Sudarso, Jalan Ngurah Rai, Jalan S Parman, Jalan Lintas Selatan sampai dengan Jalan Simpang 4 Bandara.

Baca Juga :  Camat Nanga Taman Gagas Aksi Sosial Bersih - Bersih Sungai dan Jembatan

“Kami membantu masyarakat yang memerlukan pertolongan polisi, untuk dilakukan evakuasi dari tempat satu ke tempat yang lain, serta membutuhkan pertolongan polisi untuk berobat ke Rumah Sakit Umum (RSU) Putussibau,” ujarnya.

Selain itu juga jelas Edhi, pihaknya juga membantu masyarakat yang sudah sembuh dari RSU ke tempat penjemputan yang ditunggu keluarga di rumah. 

“Terus membantu masyarakat yang hendak berangkat ke Pontianak ke terminal bus-bus yang menuju ke Pontianak,” ucapnya.

Kemudian, membantu masyarakat yang baru selesai melaksanakan penguburan dari kuburan Kedamin ke rumah masing-masing masyarakat tersebut. 

Baca Juga :  Tanggap Bencana, Kodim 1206 Putussibau Buka Posko Siaga Banjir

“Terakhir adalah membantu masyarakat yang kendaraannya mengalami gangguan atau trouble dan yang tenggelam karena banjir, dan memerlukan bantuan polisi untuk mengecek rumah yang ditinggalkan karena banjir,” ungkapnya.

Dijelaskan Edhi, banjir saat ini secara umum telah mengalami surut sebanyak 5 cm, dengan ketinggian air rata-rata saat ini 70 cm.

“Hanya bisa dilalui mobil truk dan double cabin sedangkan untuk motor tidak bisa sama sekali,” ungkapnya. (Ishaq)

Comment