Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, Polres Kapuas Hulu Hadirkan Ustadz Yoyet Rifani

KalbarOnline, Putussibau – Polres Kapuas Hulu menggelar peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, di Masjid Wira Pratama Polres Kapuas Hulu, Kamis (04/08/2022). Acara ini mengusung tema “Dengan Semangat Tahun Baru Islam Kita Tingkatkan Iman dan Kinerja Guna Mewujudkan Polri yang Presisi untuk Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

Hadir dalam kegiatan tersebut Waka Polres Kapuas Hulu, Kompol Adhitya Octorio Putra, Pejabat Utama Polres Kapuas Hulu, perwira staf dan anggota Polres Kapuas Hulu serta kapolsek jajaran melalui sarana zoom meeting.

Turut hadir juga perwakilan Bhayangkari Cabang Kapuas Hulu serta ustadz Yoyet Rifani sebagai penceramah dan para Casis tahun 2023 Polres Kapuas Hulu.

Acara peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh ustadz Yudi Nanda.

Kapolres Kapuas Hulu, AKBP France Yohanes Siregar yang diwakili oleh Kabag SDM Kompol, Dedy F Siregar dalam sambutannya mengajak untuk selalu meningkatkan iman dan takwa serta meningkatkan kinerja dalam melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat untuk mewujudkan Polri yang presisi menuju Indonesia tangguh Indonesia tumbuh.

Baca Juga :  PT Kartika Prima Cipta Tanam 1.000 Pohon untuk Mencegah Banjir Berulang

“Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H ini, kita jadikan sebagai momentum untuk lebih meningkatkan kinerja Polri khususnya Polres Kapuas Hulu untuk meningkatkan kinerja dalam melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat dengan sepenuh hati,” kata Kompol Dedy.

Sementara itu, dalam ceramahnya, ustadz Yoyet Rifani menyampaikan, bahwa bulan Muharram merupakan bulan yang istimewa karena menjadi bulan awal dalam sistem penanggalan hijriah. Oleh karena itu, tidak heran jika bulan ini memiliki banyak keistimewaan.

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi. Diantaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu,” kata Yoyet mengutip Surat At-Taubah Ayat 36.

Baca Juga :  Simpan Narkoba Dirumahnya, Warga Asal Mempawah di Kapuas Hulu Diciduk Polisi

Kemudian Yoyet Rifani mengatakan, bahwa jumhur ulama mengungkapkan bahwa bulan Muharram merupakan bulan paling mulia nomor dua setelah Ramadhan. Sebab, Allah SWT membuka awal tahun dengan bulan Muharram dan menjadikan akhir tahun dengan Bulan Dzulhijjah.

“Dalam menyambut hari yang istimewa ini, hendaknya kita menjadi pribadi yang lebih rajin dalam beribadah dan lebih sering membantu sesama. Semoga kehadiran awal Tahun Baru Islam ini membawa hidayah bagi kita semua. Aamiin ya rabbal alamin,” sampainya.

Acara peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah yang dilaksanakan oleh Polres Kapuas Hulu ini ditutup dengan pembacaan do’a oleh ustadz Yoyet Rifani dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Penulis : JS / Ishaq

Comment