by

Pastikan Hewan Kurban Aman Dikonsumsi Masyarakat, Satgas Cegah PMK Polres Ketapang Pantau Proses Penyembelihan Hewan Kurban

KalbarOnline, Ketapang – Guna memastikan hewan kurban yang didistribusikan kepada masyarakat aman untuk dikonsumsi, jajaran personel Polres Ketapang yang tergabung dalam Satuan Tugas Operasi Aman Nusa Pencegahan PMK, melaksanakan pemantauan pelaksanaan pemotongan hewan kurban di beberapa lokasi pemotongan hewan di wilayah Kecamatan Delta Pawan, Minggu (10/07/2022).

Dalam pelaksanaannya, tim Satgas Ops Aman Nusa Polres Ketapang menggandeng Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dari Dinas Peternakan dan Perkebunan Pemkab Ketapang.

“Kami bersama petugas PPL dari Distanakbun Ketapang melakukan pemantauan dan pemeriksaan kepada hewan kurban (salah satunya) di lokasi Masjid Sirajul Munir Sukaharja, dimana dari hasil pemeriksaan luar fisik hewan (ada 4 ekor sapi), dinyatakan sehat dan tidak menunjukan gejala adanya PMK,” kata perwakilan tim, Bripka Ridwanto.

Terpisah, Kapolres Ketapang melalui Kabag Ops, Kompol Yafet Efraim Patabang menyampaikan, bahwa Polres Ketapang bersama polsek jajaran terus melakukan tracing di seluruh sentra peternakan di Kabupaten Ketapang untuk mendata serta mengecek kondisi kesehatan hewan ternak yang ada di Kabupaten Ketapang.

“Ada sekitar 3 wilayah kecamatan di Kabupaten Ketapang, yaitu Kecamatan Muara Pawan, Kecamatan Benua Kayong serta Kecamatan Manis Mata yang menjadi sasaran prioritas kita untuk melakukan tracing, penyemprotan disinfektan serta pengecekan kesehatan lebih lanjut, dikarenakan di tiga daerah tersebut sebagai sentra peternakan terbesar di Kabupaten Ketapang,” terang Yafet.

“Di lapangan, personel Satgas Aman Nusa Polres Ketapang melakukan pendataan kepada hewan ternak milik warga yang sehat untuk dilakukan pemberian vaksin, serta sapi milik warga yang sakit untuk dilakukan pengambilan sampel serta pemberian vitamin serta obat dari dokter hewan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Yafet menyampaikan, bahwa dari hasil pantauan tim satgas selama beberapa hari ini di seluruh Kabupaten Ketapang, sudah ada puluhan sapi yang ditemukan bergejala PMK.

BACA JUGA:  Wabup Farhan Bagikan 15 Ekor Sapi Hewan Kurban ke Sejumlah Masjid di Ketapang

“Yang mana sudah diambil sampel oleh tim kesehatan dari dinas peternakan untuk diteliti lebih lanjut,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment