Suai Arahan Wali Kota, Klinik Inovasi “Kite Bise” Segera Aksi

KalbarOnline, Pontianak – Kepala Bidang Litbang Bappeda Kota Pontianak, Eko Prihandono menyampaikan, guna mempercepat peningkatan inovasi daerah dan pembentukan ekosistem startup lokal di Kota Pontianak, pihaknya akan segera memulai aksi Klinik Inovasi “Kite Bise” dalam waktu dekat.

“Kami akan terus meningkatkan capaian ini sebagaimana arahan Bapak Wali Kota (Pontianak). Untuk Klinik Inovasi, dalam waktu dekat kita akan mulai aksi dan kami berharap dukungan dari semua OPD di Pemkot Pontianak,” jelas Eko di Gerai Untan Hub, Rabu (29/06/2022).

Baca Juga :  Sutarmidji Kembali Raih Penghargaan Kihajar Award

Klinik Inovasi “Kite Bise” adalah wadah yang terbentuk dari hasil kerjasama antara Bappeda Kota Pontianak melalui bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) dengan Inkubator Bisnis dan Teknologi (IBT) Universitas Tanjungpura (Untan).

“Klinik Inovasi ini akan jadi ruang kolaborasi dan pemantapan inovasi perangkat daerah Kota Pontianak dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Eko.

Tim Litbang Bappeda Kota Pontianak saat berkoordinasi dengan tim Inkubator Bisnis dan Teknologi (IBT) Untan di Gerai Untan Hub, Rabu (29/6/2022). (Foto: Prokopim Pontianak)
Tim Litbang Bappeda Kota Pontianak saat berkoordinasi dengan tim Inkubator Bisnis dan Teknologi (IBT) Untan di Gerai Untan Hub, Rabu (29/6/2022). (Foto: Prokopim Pontianak)

Lebih lanjut, Eko menjelaskan, bahwa Klinik Inovasi “Kite Bise” ini dijalankan dengan prinsip pentahelix atau kolaborasi multi pihak. Di mana perencanaan hingga pembangunan kota melibatkan lima unsur, diantaranya pemerintah, akademisi, komunitas, swasta dan media massa. 

Baca Juga :  BNNP Kalbar Gagalkan Penyelundupan Sabu Seberat 31 Kilogram Asal Malaysia

“Lewat kolaborasi ini, diharapkan inovasi yang dibuat pemerintah lebih tepat sasaran dan menjawab kebutuhan masyarakat,” katanya.

Agar lebih optimal lagi, Bappeda Kota Pontianak juga akan menggandeng startup lokal yang merupakan objek kerja dari IBT Untan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami juga menggandeng jurusan Informatika Fakultas Teknik Untan untuk mendukung hal ini,” tandasnya. (J)

Comment