by

Jarot Winarno Resmikan Bumdesma Lestari Kayan Hulu

KalbarOnline.com, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno, meresmikan keberadaan Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) Lestari di Desa Merahau Permai, Kecamatan Kayan Hulu, Senin (16/05/2022). Peresmian ini ditandai dengan me-launching alat berat berupa Excavator PC 135 Brain Komatsu.

Bupati Sintang, Jarot Winarno menyampaikan apresiasi atas berdirinya Bumdesma Lestari. Ia berharap keberadaan Bumdesma Lestari dengan sektor usaha penyewaan alat berat itu bisa mengatasi kegawat-daruratan infrastruktur di Kecamatan Kayan Hulu.

“Kita harap dengan adanya Bundesma Lestari ini persoalan di desa segera selesai, seperti jalan dan jembatan. Ini merupakan Bumdesma ketiga di kabupaten sintang,” kata Jarot.

Jarot Winarno menilai, keberadaan Bumdesma dapat meningkatkan perekonomian warga desa. 

Inisiator Bumdesma Lestari, Yelmanus mengungkapkan, tercetusnya ide mendirikan Bumdesma Lestari ialah karena wilayah Kayan Hulu masih terisolir, lantaran sulitnya akses infrastruktur jalan di sana. 

“Kayan Hulu ini kesulitannya infrastruktur, jalan belum memadai, jadi memberatkan perekonomian masyarakat. Melalui diskusi kita sepakat tercetus ide mendirikan Bumdesma,” ungkap Yelamanus yang juga mantan Camat Kayan Hulu ini.

“Lalu kita musyawarah di setiap desa, sampai 4 kali. Yang kita gagas ini bukan hanya sekadar akal-akalan. Kita ingin bentuk badan usaha yang memberikan kontribusi pada pemerintah desa dan masyarakat,” tambahnya.

Yelmajua meyakini, keberadaan Bumdesma Lestari ini, selain untuk membuka akses infrastruktur jalan yang masih terisolir, juga akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi desa.

“Ini yang harus kita atasi, kita tawarkan bagaimana kalau kita buat bumdes, kita gerak dalam penyewaan alat berat untuk mengatasi infrastruktur dengan cara sambung menyambung dari desa, membangun jalan desa secara berurutan, ini bisa diterima masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Direktur Bumdesma Lestari, Oktavius Ekapranata menjelaskan, pendirian Bumdesma ini sudah melalui perjalan atau mekanisme yang cukup panjang, yakni digagas sejak tahun 2020 lalu oleh Yelmanus, dan baru berjalan tahun 2022 ini. 

BACA JUGA:  Tinjau Lokasi Kebakaran di Pasar Inpres, Jarot Pastikan Pemda Akan Permudah IMB.

“31 desa yang ada di Kecamatan Kayan Hulu berkontribusi atau bekerjasama dalam membangun Bumdesma Lestari. 31 desa ini juga menjadi pemilik modal, dengan masing-masing desa menyertakan Rp 200 juta per l-desanya” katanya.

Lebih lanjut Oktavius menjelaskan, untuk alat berat Bumdesma Lestari, ialah jenis Excavator PC 135 Brain Komatsu, sementara Bulldozernya masih dalam proses indent, diperkirakan akan tiba pada Juni 2022 nanti.

“Untuk alat lain akan bertahap pengadaannya melihat kondisi keuangan yang ada,” Oktavius.

“Penyewaan alat berat ini bisa untuk semua kalangan, tidak hanya kalangan pemerintahan desa saja, masyarakat juga bisa kalau mau menyewa,” tambahnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Elisa Gultom, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Sintang, Hercolanus Roni, camat dan unsur Forkompimcam Kayan Hulu, Direktur Bumdesma Lestari, sejumlah kepala desa yang ada di Kecamatan Kayan Hulu Hulu, masyarakat setempat, dan tamu undangan lainnya. (Jau)

Comment