by

Tebar Kebaikan di Tengah Pandemi, Kadin Kalbar Inisiasi Makan Siang Gratis Setiap Rabu

Tebar Kebaikan di Tengah Pandemi, Kadin Kalbar Inisiasi Makan Siang Gratis Setiap Rabu

KalbarOnline, Pontianak – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kalimantan Barat menyediakan makan siang gratis untuk kaum dhuafa dan bagi siapapun yang membutuhkan. Program yang digelar setiap hari Rabu itu sudah berjalan selama delapan minggu yang dikerjasamakan dengan Yayasan Masyarakat Peduli Khatulistiwa dan ibu-ibu pengajian.

Ketua Kadin Kalbar Joni Isnaini mengatakan, program makan gratis tersebut terinspirasi dari Rumah Makan Gratis Jakarta yang dimulai oleh Ustadz Aditya Prayoga sekaligus sebagai wujud partisipasi Kadin di tengah kondisi sulit saat ini.

“Sehingga kita mencoba memberikan ruang sedikit bagi warga kurang mampu, fakir miskin, dan anak yatim untuk bisa datang dan makan gratis di Kadin Kalbar,” katanya kepada wartawan, Rabu, 27 Oktober 2021.

Sementara ini, kata Joni, Makan Gratis Kadin hanya digelar di Sekretariat Kadin Kalbar. Ke depan, pihaknya akan berupaya agar Makan Gratis Kadin ini dapat dilaksanakan di kabupaten/kota lain se-Kalbar.

“Sejauh ini, Makan Gratis Kadin Kalbar ini kita laksanakan setiap hari Rabu. Karena pada Jumat sudah banyak kegiatan Jumat barokah dengan kegiatan serupa. Tapi bagi Kadin Kalbar, hari apapun sepanjang kita berbuat baik semua hari penuh keberkahan,” katanya.

Tebar Kebaikan di Tengah Pandemi, Kadin Kalbar Inisiasi Makan Siang Gratis Setiap Rabu
Pendiri Rumah Makan Gratis Jakarta Ustadz Aditya Prayoga saat diwawancarai wartawan di Sekretariat Kadin Kalbar (Foto: Fat)

Dia pun mengucap syukur, Makan Gratis Kadin bisa didatangi langsung oleh Ustadz Aditya Prayoga, pendiri Rumah Makan Gratis Jakarta.

“Jadi kita ini terinspirasi dari Rumah Makan Gratis Jakarta untuk berbagi kepada masyarakat luas,” katanya.

Pihaknya juga memberikan ruang bagi para donatur untuk turut serta dalam program Makan Gratis Kadin Kalbar ini. Sebab menurut Joni, jangan menolak kebaikan seseorang apalagi untuk sesuatu hal yang baik.

BACA JUGA:  Resmi Dilantik Rosan P Roeslani, KADIN Kalbar Siap Sinergi Pulihkan Ekonomi

“Sampai saat ini ada masyarakat yang turut menyumbang. Kadang ada yang menyumbang tempe, telur, dan sayuran, karena kami dari Kadin Kalbar juga menyiapkan tim masak dan pendukung hal-hal yang dibutuhkan,” katanya.

Dirinya juga mengapresiasi semangat ibu-ibu pengajian yang mendukung penuh dalam program Makan Gratis Kadin.

“Kita juga menginformasikan kepada masyarakat yang memiliki dana lebih dan ingin bersedekah bisa melalui Yayasan Peduli Masyarakat Khatulistiwa,” katanya.

Kadin Kalbar juga, kata Joni, tengah menyusun program khusus untuk UMKM dalam rangka merangsang pemulihan ekonomi masyarakat.

“Kita akan cari usaha-usaha masyarakat untuk kemudian kita beli. Selanjutnya akan kita undang masyarakat untuk makan secara gratis. Karena kita ketahui saat sekarang daya beli masyarakat turun dan perputaran ekonomi lambat. Maka kita mengajak teman-teman Kadin untuk membeli dagangan UMKM untuk kemudian kita sedekahkan Kembali,” katanya.

Sampai saat ini, pihaknya tengah merumuskan formulasi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Sebab pandemi Covid-19, kata Joni, bukan hanya berdampak pada masyarakat dan pekerja. Akan tetapi pengusaha yang menjadi anggota Kadin juga terdampak.

“Kami berusaha untuk maksimal sehingga di Kadin ada moto pulihkan Kesehatan, bangkitkan ekonomi. Kita berharap semua elemen masyarakat bisa bergabung dengan kita untuk memulihkan perekonomian masyarakat. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut dan tidak hanya di Kota Pontianak akan tetapi seluruh Provinsi Kalbar,” katanya.

Selain itu, Joni juga mengungkapkan bahwa selama Pandemi berlangsung, Kadin Kalbar rutin turun ke masyarakat memberikan bantuan berupa sembako dan sebagainya. Hal ini dilakukan semata-mata membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi.

“Jadi sembako yang kita bagikan itu dalam upaya membantu masyarakat. Untuk beras kita beli dari petani di Kabupaten Sambas lalu kita sedekahkan kembali ke masyarakat yang membutuhkan. Kita sudah bagikan ke Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Ketapang, Kota Pontianak dan beberapa daerah lainnya terutama masyarakat yang membutuhkan. Kami turun langsung ke lapangan agar sumbangan tersebut tepat sasaran. Kita tidak mau orang bersedekah malah tidak tepat sasaran,” katanya.

BACA JUGA:  Pengurus Kadin Ketapang Periode 2018-2023 Resmi Dilantik

Doakan pengurus Kadin Kalbar sehat dan terus tebar kebaikan

Di kesempatan yang sama, Ustadz Aditya Prayoga selaku pendiri Rumah Makan Gratis Jakarta mengaku senang dan bahagia, kegiatan bersedakan makanan yang dilakukan bisa menjadi inspirasi Kadin Kalbar.

Tentu saya sangat senang dan bahagia. Karena jika ada saudara kita yang bisa memberikan makan terhadap sesama merupakan orang yang baik. Sebaik-baik manusia adalah yang bisa memberi manfaat kepada orang lain,” katanya.

Dia pun mendoakan agar inisiator Makan Gratis Kadin dan Pengurus Kadin Kalbar selalu sehat dan dilimpahkan rezekinya sehingga bisa terus berkesinambungan melaksanakan program tersebut.

Upaya membantu sesama, kata dia, tak hanya harus dilakukan oleh Kadin Kalbar. Masyarakat juga bisa membantu gerakan makan gratis tersebut dengan berbagai upaya. Misalnya dengan menebarkan kebaikan gerakan tersebut di media sosial. Sehingga bisa memberikan inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia hingga luar negeri.

“Kita meminta masyarakat untuk tidak bosan menjadi orang baik. Karena kebaikan tersebut akan menolong kita di dunia dan akhirat. Dengan sedekah kita bisa mendapatkan ketenangan, kebahagiaan dan keberkahan. Untuk mendapatkan hal tersebut kita harus sabar, syukur dan ikhlas. Sabar disaat kita diuji, bersyukur apa yang kita memiliki dan ikhlas atas apa yang kita lakukan dan kerjakan,” katanya.

Comment