Terlahir Tanpa Lengan, Balerina Muda Ini Menginspirasi Banyak Orang

KalbarOnline.com – Lahir tanpa lengan, impian Vitoria Bueno untuk menjadi penari tampak sangat tidak realistis, terutama di kota kecil di pedesaan Brasil, di mana kecacatannya membuatnya menjadi keingintahuan sosial.

Hal itu sempat membuat orangtua Bueno kecewa. Namun kini, berkat ketekuhan dan kegigihannya, Bueno menjadi inspirasi banyak orang. “Orang-orang akan berbaris di luar rumah untuk melihatnya,” kata ibunya Wanda, 39, masih terluka mengingat ketidakpekaan itu. Mereka akan mengangkat lengan bajunya untuk melihat,” ceritanya.

Tapi Bueno, yang sekarang berusia 16 tahun, fokus pada assemblés, pirouettes dan tantangan teknis lainnya. Dia mempelajari jazz dan tap juga. Sekarang dia menjadi pemain reguler di akademi balet di kampung halamannya di negara bagian Minas Gerais.

Baca Juga :  Sikapi Langkah UE Di WTO, Mendag Muhammad Lutfi Tegaskan Pemerintah Terus Perjuangkan Kebijakan Nasional di Tingkat Multilateral

Bakat Bueno telah menjadikannya bintang media sosial dan inspirasi bagi banyak orang. “Bagiku, lengan, itu hanyalah detail,” kata Bueno di teater tempatnya tampil. “Saya mengikuti dengan mata saya, seolah-olah mereka ada di sana.”

Menyaksikannya meluncur di atas panggung kayu, disinkronkan dengan rekan-rekannya dalam balutan warna hijau dan putih yang mempesona, mudah untuk melupakan dia menari tanpa lengan. “Saya merasa tidak membutuhkan mereka sama sekali,” tambahnya.

Vitoria Bueno bersama teman-temannya. Foto: REUTERS / Ueslei Marcelino

Dia mulai balet atas saran fisioterapisnya, yang memperhatikan Bueno muda akan datang menari. Lebih dari sekadar mewujudkan mimpi, kekuatan dan kelenturan yang diperoleh melalui tarian terbukti sangat penting bagi Bueno, yang melakukan segalanya mulai dari menyikat gigi hingga mengambil barang dari rak supermarket dengan kakinya.

Baca Juga :  Pasien RI Sembuh dari Covid-19 Tembus 177.327 Orang per 20 September

“Ada hal-hal yang dapat dia lakukan dengan kakinya yang tidak dapat saya lakukan dengan tangan saya,” kata ayah tirinya, Jose Carlos Perreira.

Dengan lebih dari 150.000 pengikut Instagram (@vihb_bailarina), Bueno senang menjadi panutan bagi orang lain juga. “Kami lebih dari sekadar disabilitas, jadi kami harus mengejar impian kami,” katanya sambil tersenyum lebar. [ind]

Sumber: https://www.reuters.com/article/us-brazil-ballerina/brazilian-ballerina-born-without-arms-soars-with-her-attitude-idUSKBN2AB220

Comment