Kemendikbud: UKS Harus Bisa Beri Pertolongan Pertama Anemia

KalbarOnline.com – Kekurangan gizi memang masih menjadi salah satu masalah kesehatan di Indonesia. Bahkan gizi yang tak tercukupi bisa menyebabkan anemia pada anak. Untuk itu, diperlukan kerja sama sekolah dan orang tua untuk mengatasi anemia.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Paud Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jumeri mengharapkan usaha kesehatan sekolah (UKS) dapat berkontribusi terhadap penanganan anemia. Jadi, di UKS tersebut minimal tersedia tablet untuk menambah darah. Hal ini dengan tujuan menurunkan prevalensi angka anemia yang diidap oleh siswa di Indonesia.

Baca Juga :  Selain Anemia, Ini 6 Jenis Kelainan Darah yang Wajib Diwaspadai

“Lewat usaha kita meningkatkan kemampuan UKS kita, usaha kesehatan sekolah di satuan pendidikan untuk bisa mengatasi anemia pada anak akan bisa berdaya guna lebih baik, karena cakupannya sangat luas,” jelasnya dalam Diskusi Publik Optimalkan Gizi Anak SD Menuju Remaja Sehat Bebas Anemia, Senin (25/1).

Baca Juga: Cegah Anemia, Sekolah Bantu Pantau Gizi Anak Selama Belajar Dari Rumah

Kemudian, juga Jumeri mengatakan bahwa utamanya pihak keluarga lah yang memiliki peran penting dalam menghindari anemia. Agar anak tidak menderita anemia, orang tua perlu menyediakan kebutuhan gizi bagi anak.

Baca Juga :  Miliki  JKN-KIS, Zaenab : Liver Yang Saya Derita Bisa Ditangani

“Pada jenjang keluarga tentu tanggung jawab orang tua untuk bisa menyediakan gizi yang baik akan berpengaruh pada prevalensi anemia pada anak-anak,” katanya.

Sebab, kata Jumeri siswa yang mengalami anemia lebih dari 20 persen. Padahal, World Health Organisation (WHO) menetapkan standar bahwa prevalensi anemia harus berada di bawah angka 20 persen.

“Hasil pendataan tahun 2018, disebutkan bahwa prevelensi anemia balita kita masih 38,5 persen, usia sekolah 26,5 persen dan anak remaja 15 sampai 24 tahun masih cukup tinggi 32 persen,” tutup dia.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment