Raffi Ahmad Mengecewakan, Usai Divaksin Covid-19 Malah Pamer Foto Tanpa Masker

KalbarOnline.com – Kelakuan artis Raffi Ahmad usai divaksin Covid-10 dikritik habis warganet. Pasalnya, ia kedapatan berkumpul dan pamer foto tanpa menjaga jarak saat bertemu sejumlah artis lainnya di sebuah pesta.

Padahal sebagai salah satu sosok yang dipercaya pemerintah menjadi penerima Vaksin pertama, Raffi harusnya bisa menjaga diri. Sadar menjadi sasaran kritik, ayah satu anak itu pun meminta maaf dan membuat klarifikasi lewat sebuah video di akun Instagram-nya.

“Terkait kejadian tadi malam saya mau minta maaf sebesar-besarnya, kepada Presiden Jokowi dan seluruh staf yang ada di Sekretariat Presiden, dan minta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia atas peristiwa semalam. Di mana saya terlihat berkumpul dengan teman-teman tanpa memakai masker dan tanpa jaga jarak,” kata Raffi dikutip indopolitika.com, dari akun @raffinagita1717, Kamis (14/1/2021).

Suami Nagita Slavina ini mengungkapkan, foto tersebut diambil ketika ia menghadiri acara ayah dari salah satu temannya. “Jadi tadi malam itu acara di salah satu ayah teman saya. Itu sebelum masuk juga sudah ikut protokoler (pencegahan Covid-19),” kilahnya.

“Tapi pas di dalam, karena saya makan, saya enggak pakai masker dan ada yang foto,” lanjutnya.

Baca Juga :  Pemprov DKI Putuskan Siswa Belajar dari Rumah Hingga Akhir Tahun Ajaran

Namun, ayah satu anak ini tetap meminta maaf karena kejadian tersebut menimbulkan kehebohan di tengah masyarakat. “Namun, apa pun itu, saya minta maaf karena kejadian ini jadi heboh,” tutur si Influencer.

Raffi jujur mengakui bahwa peristiwa datang ke pesta dan tidak menjaga jarak pada Rabu malam merupakan murni keteledorannya. Dia pun mengaku salah atas tindakannya itu. Ke depannya, Raffi berjanji akan lebih menaati protokol kesehatan, terutama menjalankan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan).

“Saya juga berharap teman-teman dan seluruh masyarakat Indonesia agar terus menjalankan protokol kesehatan, meskipun vaksinasi sedang berjalan. Vaksin dan protokol kesehatan adalah satu kesatuan,” kata Raffi.

Nakes Kecewa

Sementara itu, dokter sekaligus influencer Tirta Mandira Hudhi mengaku kecewa beredarnya foto artis Raffi Ahmad yang berkumpul dengan teman-temannya tanpa masker usai diberi vaksin Covid-19 pada Rabu (13/1/2021). “Jujur kami para nakes (tenaga kesehatan) kecewa,” kata Tirta melansir kompas.com, Kamis (14/1/2021).

“Kecewanya adalah, ya sebenernya pihak Istana sudah mengetahui bahwa Raffi kan emang entertainer yang memang kalau dipanggung harus diwajibkan mencopot masker dan kawan-kawan agar muka tampak,” ujar dia.

Baca Juga :  Pelaku Pembuat Lagu Parodi Indonesia Raya Ditangkap di Cianjur, Motifnya Balas Dendam

Tirta menjelaskan, seharusnya Raffi Ahmad membatasi kegiatan terlebih dahulu usai mendapat vaksin Covid-19. Hal itu dilakukan agar vaksin bisa bekerja secara efektif dan bisa menciptakan kekebalan tubuh. “Harusnya dua minggu emang kegiatannya diminimalisasi karena vaksin yang efektif itu kalau dilakukan dua kali dalam waktu dua minggu, booster namanya,” ucapnya.

Terpisah, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menyayangkan beredarnya foto-foto artis Raffi Ahmad menghadiri pesta tanpa masker setelah disuntik vaksin Covid-19. Padahal, menurut Adi, dipilihnya Raffi Ahmad untuk mendapatkan vaksinasi perdana bersama presiden Joko Widodo sebagai ikon bagi generasi milenial.

“Paradoks dan sangat disayangkan. Padahal Raffi dijadikan ikon agar para milenial mau sukarela melakukan vaksinasi,” kata Adi melansir Kompas.com, Kamis (14/1/2021).

Adi meminta pemerintah lebih berhati-hati menggandeng figur publik terkait urusan penting negara. “Ke depan, pemerintah mesti hati-hati mengajak artis dalam urusan penting negara ini. Efek Raffi datang ke acara tanpa tanpa protokol kesehatan bisa bikin publik apatis. Bahkan sinis ke persoalan vaksin,” kata Adi. [ind]

Comment