Paspor Baru Taiwan Tanpa Tulisan Republic of China di Sampul

KalbarOnline.com – Taiwan meresmikan desain baru paspor dengan mengubah tata letak nama wilayah dan menghapus tulisan “Republic of China”atau Republik China pada Senin (11/1). Hal itu dilakukan demi menghindari adanya kebingungan di kantor imigrasi asing, khususnya di tengah situasi pandemi Covid-19.

Paspor baru itu diluncurkan saat Tiongkok berupaya menegaskan kedaulatan wilayahnya di Taiwan. Taiwan merupakan pulau yang saat ini memiliki otonomi untuk memerintah sendiri.

Sebelum desain baru diresmikan, paspor Taiwan yang lama terdapat tulisan “Republic of China” di sampul. Tulisan tersebut berukuran besar di bagian atas. Sementara tulisan “Taiwan” tercetak di bagian bawah sampul. Otoritas setempat menerangkan tata letak itu kerap membuat petugas imigrasi bingung.

Taiwan menjelaskan penduduknya kerap terdampak kebijakan larangan masuk dari negara-negara asing karena sejumlah petugas imigrasi asing menganggap mereka sama dengan warga Tiongkok. Padahal, situasi penanganan Covid-19 di Tiongkok dan Taiwan berbeda. Menurut otoritas di Taiwan, pihaknya telah mengendalikan penyebaran Covid-19 sejak periode awal pandemi.

Baca Juga :  Kini Kota Teraman di Dunia, Tiongkok Ungkap Rahasia Wuhan Hadapi Covid
Ilustrasi wujud paspor lama Taiwan (Taiwan News)

Paspor baru yang diresmikan Taiwan memperbesar tulisan “Taiwan” dan menghapus tulisan “Republic of China” yang awalnya ada di bagian tengah sampul paspor. Namun, tulisan “Republik China” dalam bahasa Cina dan bahasa Inggris masih dapat ditemukan di sekeliling emblem Taiwan.

Direktur Jenderal Biro Kekonsuleran Taiwan, Phoebe Yeh, mengatakan pihaknya telah menerima lebih dari 700 permintaan pembuatan paspor baru sampai Senin (11/1) siang. Umumnya, rata-rata ada 1.000 permintaan paspor baru per hari.

Baca Juga :  Inggris dan Sekutunya Bela Hongkong, Tiongkok Tak Tak Gentar

“Tujuan paspor baru untuk meningkatkan citra Taiwan sehingga orang-orang kami tidak dianggap datang dari Tiongkok saat mereka berpergian ke luar negeri,” ungkap Phoebe.

Chen Li-ting, salah satu warga yang mengajukan paspor baru mengatakan perubahan itu adalah hal yang fantastis. “Saya pikir ini akan terjadi cepat atau lambat. Cepat atau lambat, kata Taiwan akan tampil lebih banyak, tapi itu tidak mengubah fakta Taiwan adalah bagian yang tidak terpisah dari Tiongkok,” kata Chen.

Tiongkok menyebut Taiwan sebagai bagian dari kedaulatannya. Oleh karena itu, Tiongkok berpendapat hanya pihaknya yang dapat mewakili Taiwan di forum-forum internasional, termasuk di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment