Penampakan Hotel Singapura Lokasi Penularan Covid-19, Kini Dibuka Lagi

KalbarOnline.com – Setelah sempat ditutup selama 14 hari karena terjadi penularan virus Korona, hotel mewah Mandarin Orchard Singapore kembali dibuka mulai 2 Januari. Hotel itu ditutup setelah sekelompok kasus Covid-19 dari 10 negara ditemukan di dalamnya.

Dilansir dari Straits Times, Senin (4/1), wabah di dalam hotel itu menyebabkan 394 tamu dan 571 staf diperiksa. Para ahli telah memperingatkan bahwa klaster tersebut sebagai pengingat betapa mudahnya virus Korona dapat menyebar. Peringatan yang tepat waktu bahkan ketika kerumunan orang berkumpul selama akhir pekan Tahun Baru.

Catatan The Straits Times, pada 19 Desember 2020, Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) mengumumkan bahwa mereka sedang menyelidiki 13 kasus Covid-19 di antara orang-orang yang telah patuh dalam karantina (SHN) di hotel Mandarin Orchard Singapore. Laboratorium Kesehatan Masyarakat Nasional (NPHL) yang melakukan sekuensing genom secara utuh dan analisis filogenetik pada semua kasus Covid-19, menemukan bahwa 13 kasus impor dipastikan terinfeksi pada awal November. Mereka terinfeksi oleh strain virus Korona yang memiliki genetik yang sama.

Baca Juga :  Tak Pakai Masker di Singapura, Siap-Siap Ditegur Pasukan Merah

Baca juga: Mal di Orchard dan Changi Road Singapura Dikunjungi Pasien Covid-19

Pemeriksaan itu menyiratkan bahwa infeksi mungkin berasal dari satu sumber. Ke-13 tamu tersebut semuanya telah ikut progran SHN di menara hotel yang sama antara 22 Oktober dan 11 November 2020. Hotel berhenti menerima tamu baru mulai 19 Desember 2020, dan mereka yang ikut karantina (SHN) di hotel dipindahkan ke fasilitas lain.

Hotel Mandarin Orchad Singapore (Straits Times)

Tidak ada staf yang dites dengan PCR positif, tetapi 11 orang memiliki hasil tes serologi positif. Namun, beberapa tamu lain mendapatkan hasil PCR yang positif.

Baca juga: Marina Bay dan Orchard Singapura Kembali Dikunjungi Pasien Covid-19

Baca Juga :  Vinicius Junior Raih Socrates Award 2023 dalam Ballon d'Or 2023

Pada 1 Januari 2021, Kemenkes mengatakan telah menyelesaikan penyelidikannya terhadap 13 kasus awal dan menemukan bahwa tidak ada penularan di luar mereka. Dan bahwa kasus Covid-19 lainnya yang ikut karantina SHN di hotel tidak terkait dengan 13 orang itu.

“Mengingat tempat tersebut telah didesinfeksi secara menyeluruh, dan tidak ada lagi risiko penularan ke tamu hotel, Kemenkes telah menyetujui pembukaan kembali Mandarin Orchard Singapore,” kata Kementerian Kesehatan.

Akan tetapi, masih belum diketahui bagaimana orang-orang tersebut dapat tertular. Pakar yang berbicara dengan ST sebelumnya mengatakan bahwa faktor manusia paling mungkin disalahkan atas penyebaran jika itu terjadi di dalam hotel, meskipun mereka tidak dapat memastikan bagaimana itu terjadi. Sejauh ini, pihak berwenang belum mengumumkan ditemukannya pelanggaran protokol di hotel tersebut.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment