Protokol Kesehatan Langkah Antisipatif Tekan Kasus Covid-19

KalbarOnline.com – Juru bicara penanganan Covid-19, Wilu Adisasmito menyampaikan, pemanfaatan kapasitas tempat tidur ruang isolasi dan ICU untuk pasien Covid-19 secara nasional pada Desember 2020, sudah mencapai 62,63 persen. Sedangkan untuk penggunaan ICU sebesar 55,6 persen.

Menurut Wiku, ada lima provinsi dengan pemanfaatan tertinggi yakni Jawa Barat 77 persen, Jogjakarta 77 persen, Banten 77 persen, Jawa Timur 72 persen dan Jawa Tengah 72 persen.

“Dalam konteks pelayanan kesehatan, tantangan saat ini adalah peningkatan jumlah kasus, ketersediaan sarana dan prasarana, peralatan dan logistik obat-obatan, serta meningkatnya penularan Covid-19 pada tenaga kesehatan yang berpotensi pada tertundanya pelayanan kesehatan esensial lainnya,” kata Wiku dalam keterangannya, Rabu (30/12).

Baca Juga :  Terkonfirmasi Positif Covid-19, Novel Akan Jalani Tes Swab Ulang

Wiku menjelaskan, beberapa langkah antisipatif dimaksud, Pemerintah telah mengeluarkan surat edaran kepada dinas kesehatan di daerah dan direktur rumah sakit, terkait penambahan kapasitas ruang isolasi dan ruang ICU untuk Covid-19 sebesar 30-40 persen dari total tempat tidur yang ada.

Kedua, dirilisnya buku Pedoman Pengendalian dan Pencegahan Covid-19 revisi ke-5 dan buku Protokol Tata Laksana Covid-19. Ketiga, keputusan Menteri Kesehatan tentang penerapan protokol kesehatan di rumah sakit bagi manajemen, pengunjung dan rumah sakit serta dalam rangka indikator pelayanan.

Baca Juga :  Eks Politikus PDIP Roy Janis Meninggal Dunia

Langkah antisipatif, sambung Wiku, dilakukan demi tercapainya manajemen pelayanan kesehatan yang lebih baik. Serta langkah antisipatif tersebut harus dilakukan oleh dinas kesehatan beserta fasilitas kesehatan.

“Selain itu, diperlukan koordinasi sistem rujukan pelayanan kesehatan antara pemerintah pusat dan daerah yang terjalin secara simultan. Hal ini penting mengingat penanganan Covid-19 akan lebih efektif dilakukan jika kita semua saling bekerja sama menyelesaikannya,” pungkasnya.

Dia pun kembali mengingatkan masyarakat untuk terus melakukan protokol kesehatan 3M yaitu menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan air yang mengalir.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment