Jelang Tutup Pintu, WNA Membludak di Terminal 3 Bandara Soeta, Fadli Zon Bilang Begini

KalbarOnline.com – Beredar viral sebuah foto yang menggambarkan membludaknya para Warga Negara Asing (WNA) yang baru tiba di Indonesia, tepatnya di terminal 3 kedatang, bandara Soekarno-Hatta.

Foto ‘heboh’ itu dibagikan seorang dokter bedah umum, Aris Ramdhani yang memperliahtkan membludaknya warga negara asing yang tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Banten, Senin malam (28/12/2020).

“Baru dapat kabar dari rekan sejawat, beginilah keadaan T3 kedatangan internasional malam ini. Entah mau jadi apa kita ini,” kata Aris di akun Twitternya @arisrmd.

Dalam potret yang diunggahnya, ratusan warga negara asing (WNA) terlihat berkerumun di area kedatangan Terminal 3. Kondisi tersebut secara langsung sangat disesalkannya.

Baca Juga :  Terpilih Jadi Ketua IKALUIN, Tb Ace Hasan: Jadikan IKALUIN sebagai Rumah Bersama

Sebab, kehadiran para WNA tersebut bukan hanya beresiko tinggi membawa virus corona dari luar negeri, tetapi juga mereka tidak mengindahkan protokol kesehatan, khususnya menjaga jarak.

Karuan saja, postingan itu mendapat respons beragam dari warganet termasuk anggota DPR RI, Fadli Zon, karena baru saja pemerintah melarang WNA Kunjungi Indonesia.

“Siapa ini yg menyebabkan kerumunan shg bisa melanggar protokol kesehatan?,” tulis Fadli Zon lewat akun twitternya @fadlizon pada Selasa (29/12/2020).

“Mumpung blom ditutup pintunya. Lagian menlu retno ada ada aja, katanya bakal nutup akses internasional masuk ke Indonesia krn covid varian baru, tp nutupnya nunggu tgl 1 januari,” tulis @mdptyo.

Baca Juga :  Novel Baswedan Sampaikan Belasungkawa Atas Meninggalnya Jaksa Fedrik

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengambil kebijakan untuk menutup sementara akses masuk ke Indonesia. Hal ini dilakukan menyusul adanya strain baru covid-19, yang menurut berbagai data ilmiah memiliki tingkat penyebaran yang lebih cepat.

Keputusan tersebut kata Retno disetujui dalam rapat terbatas bersama Presiden Jokowi pada Senin (28/12/2020).

“Menyikapi hal tersebut, rapat terbatas tanggal 28 Desember 2020 memutuskan untuk menutup sementara. Saya ulangi, untuk menutup sementara dari tanggal 1 sampai 14 Januari 2021 masuknya warga negara asing atau WNA dari semua negara ke Indonesia,” ujar Retno dalam jumpa pers, Senin (28/12/2020). [rif]

Comment