Tips Agar Small MPV Anda Punya Harga Jual yang Tinggi

KalbarOnline.com – Diantara hal yang menentukan popularitas mobil di masyarakat adalah harga jual kembali mobil tersebut. Semakin stabil harga unit di pasar mobil bekas, maka semakin baik persepsi masyarakat terhadap produk tersebut.

Ini yang menjadi salah satu strategi serta perhatian Mitsubishi untuk lini produknya diantaranya Xpander yang merupakan andalan di segmen small MPV. Menurut Presiden Direktur PT Mitsubishi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura sempat megungkapkan kalau ini adalah misi penting agar Mitsubishi mendapat kepercayaan dihati masyarakat.

Ya, disisi lain sejak diperkenalkan pada 2017, Mitsubishi Xpander masih tetap eksis dan menjadi salah satu pilihan mobil keluarga di Indonesia. Dipasar mobil bekas Xpander-pun berhadapan dengan salah satu pesaingnya yaitu mobil sejuata umat Avanza.

Akan tetapi bila dibandingkan dengan MPV bekas lainnya, harga Xpander bekas di pasaran masih terbilang cukup mahal untuk ukuran mobil keluarga. Hal ini diungkapkan Yadi salah satu pedagang mobil bekas di daerah Sawangan, Depok.

Menurut Yadi untuk sekarang harga Xpander bekas tak lagi bisa disejajarkan dengan harga jual Avanza bekas. Karena hal ini mengacu pada harga jual mobilnya saat dalam kondisi baru.

“Bisa dikatakan Xpander selain harga, fiturnya juga masih menang dengan Avanza. Konsumen saat ini lebih smart memilih mobil dengan mempertimbangkan dari segala hal. Wajar kalau tak sedikit yang memburu Xpander,” ujarnya, saat ditemui KalbarOnline.com, Rabu (16/12).

Yadi menambahkan untuk menjaga kualitas dan harga tetap stabil, ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Baca Juga :  Hyundai Recall Mobil Listrik Kona Karena Berisiko Terbakar

• Menjaga Perawatan Berkala di Bengkel Resmi

Saat mobil sering digunakan, pastikan Anda melakukan perawatan secara rutin. Prawatan berkala bertujuan agar kondisi mobil tetap prima ketiga digunakan dalam menunjang aktivitas Anda.

Biasanya lakukan servis rutin atau tune up setiap 10.000 km sekali (sesuai buku manual merek mobil) di bengkel yang sudah teruji kualitasnya dan terpercaya. Bila terdapat masalah pada mobil, jangan ragu konsultasikan kepada mekanik untuk mendapatkan perawatan ekstra agar kondisi mobil kembali prima.

• Menggunakan Spareparts Resmi dan Bahan Bakar yang Direkomendasikan Pabrikan

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus memilih spare part asli atau genuine yang sudah disediakan oleh bengkel resminya. Pertama adalah keamanan yang terjamin, karena dengan menggunakan spare part asli, keamanan berkendara akan lebih terjamin karena kualitas spare part yang terpercaya.

Bahkan spare part resmi mampu bertahan lebih lama dibanding yang tiruan, ini akan membuat irit pengeluaran untuk perawatan. Dengan adanya bengkel resmi yang menyediakan spare part kendaraan yang asli, pelanggan tidak perlu lagi khawatir jika sewaktu-waktu kendaraan butuh ganti spare part.

Juga perlu menjadi perhatian bagi pemilik mobil terkait BBM, pabrikan sudah menyarankan bahan bakar yang seharusnya digunakan. Bila menggunakan BBM di bawah spesifikasi yang telah disarankan maka efek jangka panjang. Akan timbul kerak di beberapa komponen di ruang bakar dan mobil bisa mogok sewaktu-waktu.

Sebaiknya harus mengikuti arahan atau petunjuk dari masing-masing pabrikan. Apabila menggunakan BBM yang sudah sesuai, maka proses pembakaran di ruang mesin akan menjadi sempurna, dan performa mesin pun menjadi lebih maksimal.

Baca Juga :  Nissan Z Terbaru Bakal Meluncur pada Awal 2023

• Menjaga Kondisi Fisik dan Mesin Mobil

Agar kinerjanya optimal, lakukan servis berkala seperti ganti oli setelah mencapai jarak atau waktu tertentu sesuai buku manual. Perhatikan indikator selalu berfungsi dengan baik. Selalu periksa ke bengkel terpercaya setelah kendaraan diajak berperjalanan jauh.

Jangan lupa menjaga kondisi bodi mobil, meskipun bodi lecet atau baret adalah hal biasa ini akan bisa mengurangi harga jual. Mobil lecet atau baret bisa disebabkan berbagai hal, misalnya cara mencuci hingga ketidak hati-hatian saat mengemudi.

• Menjaga Orisinalitas Kendaraan.

Menjaga orisinalitas spareparts yang digunakan juga mempengaruhi harga jual. Ini yang biasanya jarang menjadi pertimbangan bagi pemilik, yang penting harga murah dan pas untuk dipasang. Padahal ini juga akan mempengaruhi kualitas dan durability, sebaiknya sebelum mengganti pertimbangkan pemakaian barang atau sparepart yang orisinal.

Namun disisi lain, terkait semua hal yang tersebut diatas pihak Mitsubishi memberikan kemudahan bagi konsumen yaitu dengan menawarkan smart package. Ini untuk memastikan bahwa konsumen mendapatkan layanan after sales yang baik.

Misalnya saja, memberikan jaminan servis 50 ribu kilometer atau empat tahun. Hal ini lebih panjang ketimbang kompetitor yang memberikan layanan servis 10 ribu kilometer.

Bahkan smart package yang sudah habis konsumen bisa melakukan pembelian Extended smart package untuk pengguna Xpander yang sudah memasuki tahun ketiga, juga konsumen dengan unit Xpander yang odometernya telah mencapai 50.000km.

Comment