Cara Mengetahui dan Mengatasi Penyebab Lampu Sein Motor Mati Sebelah

KalbarOnline.com – Seperti diketahui kalau lampu sein motor merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan, karena bila mati sebelah harus segera dilakukan perbaikan. Hal yang lebih penting lagi adalah mengetahui penyebabnya.

Lampu sein mati pasti ada penyebabnya, ada beberapa hal penyebab lampu sein pada motor mati sebelah. Kemungkinan pertama yang menyebabkan sein motor Anda mati sebelah adalah karena saklarnya yang kotor.

Anda bisa memeriksanya sendiri dengan cara menggerakan saklar tersebut. Apabila ketika digerakkan saklar bergerak sesuai yang Anda arahkan, maka artinya masih berfungsi dengan baik.

Jika saklar yang Anda gunakan tidak membuat sein menyala, artinya tidak ada aliran listrik yang mengalir pada saklar tersebut. Aliran listrik pada saklar dapat tersendat karena kondisinya yang kotor atau rusak perlu penggantian.

Penyebab kedua adalah flasher sein yang rusak atau kotor. Fungsi dari flasher sein adalah untuk membuat sein motor berkedip. Sirkuit listrik yang ada dalam flasher lah yang mengatur arus agar membuat kedipan pada sein motor.

Baca Juga :  Cara Merawat Bodi Kendaraan dengan Warna Doff yang Benar

Ciri yang menunjukkan bahwa flasher rusak adalah sein motor terus menyala tanpa berkedip dan lampu sein tidak menyala atau mati sebelah. Sementara jika sein motor tidak menyala artinya titik sentuh yang berada di sirkuit tengah tersebut berpisah.

Berikutnya adalah bohlam dan kabel yang putus pada komponen motor juga dapat menjadi penyebab sein mati sebelah. Apabila salah satu bohlam ada yang putus, maka akan berpengaruh pada bohlam lainnya. Satu bohlam yang putus dapat membuat sein tidak berkedip meskipun dalam keadaan menyala.

Anda harus memastikan bahwa seluruh bohlam pada sein tidak ada yang mengalami kerusakan atau putus. Jika salah satu bohlam putus, ini akan membuat sein motor Anda menjadi terganggu.

Baca Juga :  YAMAHA Jatim Berikan Kado Natal dan Tahun Baru Spesial

Bila telah memastikan bahwa seluruh komponen pada motor terpasang dengan baik dan tidak ada kerusakan, sementara sein tetap mati sebelah mungkin karena ada penyebab lainnya. Diantara penyebab lain yang dapat membuat sein motor mati sebelah adalah tegangan aki yang tidak maksimal.

Aki motor Anda harus memiliki voltase yang baik, yaitu diatas 12 volt. Apabila motor Anda memiliki voltase kurang dari 12 volt, bisa menyebabkan sein motor mati sebelah.

Sein yang mati sebelah juga dapat menjadi penyebab kecelakaan yang akan merugikan diri Anda serta orang lain. Begitu pentingnya peran sein yang ada pada motor sehingga harus terjaga agar tidak mengalami kerusakan.

Comment